Luhut Sebut 27 Ribu Aplikasi Pemerintah Bakal Digabung, Subsidi Jadi Satu Pintu

0
15

BI-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pihaknya telah mengembangkan layanan digital pemerintah atau government technology. Luhut mengatakan, layanan tersebut telah dilakukan soft launching.

Dia menjelaskan, melalui pengembangan government technology, sebanyak 27 ribu aplikasi pemerintah dijadikan dalam satu portal. Dia bilang, ke depan, satu orang Indonesia hanya memiliki satu ID pada layanan digital ini.

“Kita sudah mulai 27 ribu apps itu sekarang kita satukan jadi satu portal. Artinya setiap orang bangsa Indonesia hanya punya satu nomor ID di digital ini,” kata Luhut dalam diskusi Melaju Menuju Indonesia Emas, Jumat (11/10/2024).

Luhut menerangkan, dengan adanya layanan ini nantinya semua subsidi tak lagi melalui kementerian. Ia mencontohkan, salah satunya pada subsidi pupuk.

“Itu semua nanti subsidi tidak ada lagi melalui kementerian, misalnya pupuk US$ 3 miliar ya udah by name by addres kirim dia terus beli pupuknya dari e-katalog. Kita monitor semua dengan teknologi sekarang tidak ada yang tidak bisa,” ungkapnya.

Luhut menambahkan, hal ini menjadi peluang untuk investasi. “Jadi bapak ibu sekalian sebenarnya Anda bisa investasi di bidang itu,” katanya.**

Leave a reply