Tinggal Tunggu Waktu, Harga Minyakita Mau Naik Jadi Rp 15.700

0
60

BI-Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau Minyakita akan naik menjadi Rp 15.700 per liter. Sebelumnya HET minyak goreng merek pemerintah itu dijual Rp 14.000/liter.

“Terkait progres usulan kenaikan HET. Jadi pada saat ini dapat kami laporkan, memang beberapa kali Pak Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) statement terkait dengan kenaikan HET. Jadi memang sudah fix akan dinaikkan,” kata Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag, Bambang Wisnubroto dalam rapat koordinasi pengendali inflasi daerah 2024 yang disiarkan YouTube Kemendagri RI, Senin (8/7/2024).

Bambang mengatakan keputusan dinaikkannya HET Minyakita sudah melalui delapan kajian dengan kementerian dan lembaga (K/L) terkait serta melibatkan asosiasi pengusaha.

“Saat ini kami sedang berproses menunggu pengajuan harmonisasi di Kemenkumham. Jadi, dalam waktu dekat akan segera terbit peraturan baru terkait HET minyak goreng,” jelasnya.

Dalam paparannya, ia mengimbau pemerintah daerah untuk mengawasi distributor minyak goreng demi mengantisipasi aksi spekulatif pelaku usaha yang menahan penjualan minyak goreng terutama Minyakita.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut HET MinyaKita akan naik pekan ini. Harga yang diterapkan untuk skala nasional adalah Rp 15.700 per liter.

“MinyaKita sudah mulai, Minggu depan harga disesuaikan Rp 15.700,” jelas Zulhas saat ditemui dalam acara Puncak Milad Naisyatul Aisyiyah di Pelataran Masjid Gede Jogja, Sabtu (6/7/2024).**

Leave a reply