Langkah Strategis Askrindo Dorong UMKM Maju dan Berkembang

0
11

BI-Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur, memperoleh pendampingan dari PT Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia) cabang Surabaya. Pendampingan ini, sebagai upaya dari Asuransi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendorong pelaku UMKM dari daerah, bisa semakin memperluas pangsa pasar, atau naik kelas.

Agung Setiawan, salah pelaku UMKM sangkar burung asal Kecamatan Balongpanggang, Gresik, yang menjadi salah satu peserta pendampingan menuturkan, usaha yang digelutinya terbantu adanya kredit dari Askrindo.

“Kami mengapresiasi karena selama ini dibantu Askrindo. Kalau bisa tidak hanya kredit saja yang dikucurkan. Tapi ada pembimbingan bagaimana memasarkan dengan cara memanfaatkan digitalisasi,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang PT Askrindo Surabaya, Azhari Nur Kusumo, mengatakan, pelaku UMKM di Gresik pada umumnya bergerak dibidang pendukung industri. Dimana, ekosistemnya menjadi mata rantai penggerak ekonomi.

“Karena Gresik itu sendiri kota industri, sehingga ekosistem itu didalamnya ada usaha penyedia makanan, akomodasi penyediaan pakaian, penyediaan industri sangkar burung, ada batik, itu jadi ikut berkembang,” ujarnya.

Disisi lain, Azhari mengungkapkan, penjaminan kredit usaha UMKM secara nasional mencapai Rp280 triliun. Sedangkan di Gresik dan sekitarnya setiap tahun rata-rata mencapai Rp1,4 triliun. “Pelaku UMKM di Kabupaten Gresik menempati urutan kedua setelah Surabaya terkait dengan penjaminan kredit usaha. Kami berharap dengan jumlah itu, pelaku UMKM naik kelas dan bisa berorientasi ekspor,” ucapnya.

Selain memberikan pendampinga, PT Askrindo juga menyerahkan program CSR berupa tiga alat kepada pelaku UMKM. Antara lain, alat cap batik dan alat gawangan batik kepada kelompok pengrajin batik Sidomukti, Desa manyarejo.

Kemudian penyerahan alat gawangan display batik dan mesin jahit kepada kelompok pengrajin batik ecoprint Desa Sukomulyo. Dan penyerahan genset kepada kelompok pengrajin sangkar burung Dusun karangasem, Balongpanggang.**

Leave a reply