Membangun Jejaring Konektivitas Jatim dan Sultra

0
271

BI-Pada Kamis, 23 Juni 2022 telah dilaksanakan kegiatan Misi Dagang antara Pemprov Jatim dan Sultra. Acara ini melibatkan unsur birokrat Kedua Provinsi yang dipimpin Wakil Gubernur Jatim Emil E Dardak dan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Selain birokrat dari kedua provinsi, acara juga diikuti oleh perusahaan dan pelaku usaha dari berbagai sektor usaha. Sekitar 100 pelaku usaha dari Sultra dan sekitar 50 pelaku usaha dari Jatim. Acara ini diinisiasi oleh Disperindag Prov Jatim.

Wakil Gubernur Jatim menyampaikan pada acara ini bahwa semua komponen pemprov dan pelaku usaha Jatim dilibatkan secara penuh untuk mewujudkan motto Jatim Bangkit.

Demikian juga Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan menyambut baik dan menghargai ide Pemprov Jatim ini dan kehadiran para pelaku usaha dari Jatim di Sultra.

Ia juga menyampaikan pelaku usaha Sultra juga antusias dalam acara misi dagang ini. Sultra seperti halnya Jatim juga melibatkan BUMD dan Perumda nya. Demikian pula hampir semua Kamar Dagang dan Industri setiap Kabupaten/Kota di Sultra juga dilibatkan.

Pada acara ini FORKAS hadir juga dilakukan penandatanganan MoU antara FORKAS dan DPD REI Sultra.

Selain itu, dari anggota FORKAS hadir untuk melakukan display produk dan layanan untuk penjajakan dengan pelaku bisnis setempat.

Perusahaan anggota asosiasi FORKAS yang ikut secara langsung dan tidak langsung (online) yaitu PT. Kencana Maju Bersama sebagai produsen Baja Ringan.

Lalu ada Kamadjadja Logistics untuk jasa layanan transporter, serta yang menarik adalah dengan menggeliatnya sektor pertambangan nikel di Sultra saat ini.

Sangat banyak dibutuhkan barang keperluan hidup untuk tenaga kerja di asrama dan tempat tinggal para pekerja tambang seperti sarung, kasur, bantal, seprai, sarung bantal dan selimut.

Kebutuhan barang-barang tersebut bisa bertambah seperti kebutuhan alat dapur, alat kebersihan, pakaian seragam kerja dan lainnya. Peluang ini ditangkap dan disambungkan anatar prlaku usaha penyedia barang kebutuhan penunjang usaha tambang melalui online dg para pelaku usaha penyedia barang kebutuhan satehari-hari dr Koperasi Pedagang Pasar Turi yang diwakili Ketua nya Bpk. Taufik al-Jufri.

Diharapkan dari MoU dan interaksi penjajakan bisnis dari FORKAS dan perusahaan-perusahaan anggotanya ini akan dapat ditindaklanjuti dengam transaksi riil.

Dengan demikian tujuan Misi Dagang Prov Jatim dan FORKAS untuk membangkitkan perekonomian Jatim dan mitra wilayahnya serta pelaku usaha dan masyarakatnya yaitu kesejahteraan dapat diwujudkan.**

Leave a reply