Desa Devisa LPEI Bawa Petani Subang Ekspor Kopi Robusta 19,2 Ton ke Mesir

0
118

NI-Ekspor kopi robusta asal Subang sebanyak 19,2 ton ke Mesir pada 15 Desember 2022 lalu merupakan capaian yang cukup membanggakan bagi Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah.

Selain kopi robusta, juga ada komoditi unggulan lain yaitu kopi arabika yang juga telah berhasil diekspor sebanyak 18 ton ke Arab Saudi tahun 2021 lalu.

Komoditas kopi ini dibudidayakan oleh 208 petani dari 6 desa, yaitu Cisalak, Nagrak, Cupunagara, Darmaga, Sukakerti, dan Pasanggrahan di bawah naungan Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah.

Dalam hal ini Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah bekerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

LPEI sendiri memiliki program Desa Devisa yang merupakan program pendampingan berbasis community development.

Program Desa Devisa ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat lokal dan mengembangkan komoditas unggulan desa.

Menurut Gerald Grisanto, Kepala Divisi jasa Konsultasi LPEI, ekspor kali ini merupakan ekspor kedua yang sudah dilakukan oleh Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah.

Gerald menyatakan, sejak pendampingan dan pelatihan yang telah diberikan LPEI kepada para petani kopi Subang, jumlah pendapatan desa meningkat sebesar 60% dari sebelumnya.

Menurut keterangan tertulis Gerald pada Sabtu, (31/12/2022) yang dikutip dari detikcom, LPEI merupakan Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI yang terus membuka lebar potensi ekspor komoditas unggulan daerah melalui program Desa Devisa.

LPEI berkomitmen mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan hingga menciptakan kepastian hasil panen bagi petani.

Program Desa Devisa ini berfokus pada pelatihan dalam mengelola lahan produksi dan menjalankan bisnis petani kopi Subang dengan memperhatikan tiga aspek yaitu akses pasar, kapasitas produksi dan pencatatan keuangan.

Diharapkan dari pelatihan ini petani bisa memperluas akses pasar ekspor, meningkatkan kemampuan budidaya dan pengolahan tanaman kopi, dan menyempurnakan prosedur penyusunan laporan keuangan.

LPEI akan terus mengambil langkah konkrit dalam menciptakan ekosistem ekspor dari desa-desa yang memiliki produk unggulan berkualitas ekspor untuk mengembangkan potensinya agar secara konsisten berkontribusi terhadap peningkatan devisa negara.**

Leave a reply