Sah! Silmy Karim Dilantik Menjadi Dirjen Imigrasi

0
96

BI – Hari ini, Rabu (4/1/2023), Silmy Karim resmi dilantik menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly di Graha Pengayoman, Gedung Kemenkum HAM, Jakarta.

Sebelumnya Yasonna juga memimpin Silmy dalam prosesi pengambilan sumpah sebagai Dirjen Imigrasi.

Yasonna menyampaikan beberapa hal yang segera ditindaklanjuti Silmy, yaitu berkoordinasi dengan kementerian dan Lembaga terkait mengenai Kebijakan Golden Visa untuk mendatangkan investor dan global talents, meningkatkan layanan Visa On Arrival (VoA), Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan menekan pungutan liar.

Silmy juga dituntut untuk bisa mengembangkan pelayanan keimigrasian pada bandara yang dibuka untuk penerbangan langsung internasional dan layanan keimigrasian yang mendukung kemudahan berusaha di Indonesia dengan tetap mematuhi kriteria yang ada.

Sebelumnya, Silmy ditunjuk sebagai Dirjen Imigrasi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 165/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut Andap Budhi Revianto, Sekjen Kemenkumham sekaligus Ketua Panitia Seleksi Dirjen Imigrasi, Silmy telah melalui rangkaian seleksi.

Mulai dari proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang dengan metode penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara oleh Tim Pansel.

Tim Pansel tersebut terdiri dari internal Kemenkumham sendiri, Kementerian PAN-RB dan Lembaga Administrasi Negara.

Berikutnya, Silmy dan dua peserta lain direkomendasikan oleh Pansel ke Menteri Hukum dan HAM. Yasonna kemudian mengajukan tiga nama tersebut ke Tim Penilai Akhir (TPA) Pimpinan Tinggi Utama dan Madya dan selanjutnya dipilih oleh Presiden Joko Widodo.**

 

 

Leave a reply