Pemerintah dan BI Sepakati 5 Langkah Strategis Pengendali Inflasi

0
68

BI – Untuk menjaga inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengundang berbagai Kementerian dan Lembaga terkait untuk rapat guna memperkuat sinergi kebijakan pengendalian inflasi.

Rapat bertajuk High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Pusat (HLM TPIP) ini berlangsung pada hari Senin, 20/2/2022 di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Rapat ini dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Turut hadir juga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Kasan, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan RI, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa HLM TPIP merupakan agenda strategis untuk mencapai capaian 2023 terutama menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Lebaran dan Idul Fitri 2023.

Dalam rapat ini disepakati lima langkah strategis yang akan ditempuh melalui penguatan koordinasi di tingkat pusat dan daerah sebagai berikut:

1. Memperkuat koordinasi kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional;

2. Menjaga inflasi komponen Volatile Food (VF), utamanya pada masa Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) sehingga berada dalam kisaran 3,0% – 5,0%.

3. Memperkuat ketahanan pangan domestik melalui: (i) akselerasi implementasi program lumbung pangan; dan (ii) perluasan kerja sama antardaerah;

4. Memperkuat ketersediaan data pangan untuk mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi;

5. Memperkuat sinergi komunikasi untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat.
Pemerintah dan Bank Indonesia di tingkat pusat dan daerah terus berkomitmen untuk memperkuat sinergi agar inflasi IHK dapat terkendali.

Sinergi kebijakan yang ditempuh oleh Pemerintah dan Bank Indonesia melalui implementasi berbagai inovasi program untuk menjaga stabilitas pasokan dan kelancaran distribusi.

Sebagai bentuk komitmen dalam memperkuat efektivitas upaya pengendalian inflasi, TPIP berencana melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dengan tema: “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.**

Leave a reply