Pengunjung Mal Saat Libur Lebaran Naik 100% Dibanding Sebelum Pandemi, Pertanda Industri Pusat Belanja Mulai Bangkit

0
91

BI – Momen libur Lebaran 2023 telah tiba dan masyarakat berbondong-bondong melakukan aktivitasnya. Ada yang memilih untuk mudik, namun tidak sedikit juga yang memilih untuk menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan dan tempat wisata lainnya.

Tercatat bahwa kunjungan ke pusat perbelanjaan seperti mal mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja di Jakarta, Rabu, 26/4/2023.

Alphonzus mengatakan bahwa kenaikan kunjungan ini sesuai dengan prediksi sebelum Lebaran 2023. Menurutnya, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Ia juga menceritakan bahwa angka kunjungan mal telah meningkat pesat sejak bulan Ramadhan lalu, yang sudah melampaui okupansi di era sebelum pandemi.

Puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan selama Ramadhan telah terjadi pada akhir pekan lalu dan akhir pekan sebelumnya, dengan rata-rata tingkat kunjungan mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Ia melihat adanya peluang bahwa tingkat kunjungan ini akan terus bertahan pada angka yang tinggi. Namun, setelah libur panjang Lebaran, biasanya terjadi penurunan jumlah pengunjung atau masuk dalam masa low season.

Alphonzus menilai bahwa adanya kenaikan kunjungan ini menjadi tanda pulihnya industri pusat belanja atau mal pasca pandemi. Sebagai buktinya, berbagai tempat di dalam mal sudah mulai penuh terisi oleh penjaja dagangan. Ia berharap bahwa tren kunjungan ke pusat perbelanjaan akan tetap jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Alphonzus menargetkan bahwa kunjungan dengan angka positif ini bisa bertahan di sepanjang tahun 2023, bahkan mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan tahun 2019. Berakhirnya pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat pada momen Idul Fitri 1444 H turut memberi berkah bagi pengusaha mal.**

Leave a reply