Hari Jadi Ke-32, IPI Fasilitasi Pembuatan E-KTP untuk 185 Anggotanya

0
85

BI – Hari jadi Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) yang ke-32 dirayakan dengan menggelar serangkaian acara pada Kamis, 27/07/2023, termasuk memfasilitasi anggotanya untuk mengurus kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

Sejumlah 185 orang pemulung di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, telah melakukan pengecekan biometrik untuk mendapatkan e-KTP di Kantor Badan Pengurus Pusat (BPP) Ikatan Pemulung Indonesia.

Metode pengecekan biometrik digunakan, termasuk identifikasi melalui iris mata, dalam kerja sama antara IPI dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi dengan dukungan dari Aqua.

Ketua BPP Ikatan Pemulung Indonesia, Pris Polly Lengkong, menyatakan bahwa pengecekan biometrik dilakukan untuk pemulung di TPST Bantar Gebang yang sekitar 6000 orang, di mana 500 di antaranya belum memiliki KTP. Sasaran mereka adalah memfasilitasi 500 orang tersebut untuk memiliki e-KTP.

Pris Polly menegaskan bahwa kepemilikan e-KTP sangat penting bagi pemulung karena diperlukan untuk mengakses berbagai program bantuan pemerintah. Tanpa e-KTP, mereka tidak bisa mendapatkan tunjangan atau bantuan sosial.

Pengurusan e-KTP bagi pemulung di TPST Bantar Gebang ini merupakan projek percontohan yang nantinya akan diterapkan di berbagai daerah. Ikatan Pemulung Indonesia saat ini memiliki pengurus daerah di 27 Provinsi dengan jumlah anggota sekitar 3,7 juta orang.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif yang dilakukan oleh Ikatan Pemulung Indonesia. Menurutnya, pemulung memiliki peran penting dalam penerapan ekonomi sirkular dan kampanye bijak berplastik, sehingga perlu memiliki identitas resmi sebagai penduduk.

Kolaborasi dengan IPI telah dilakukan oleh Danone Indonesia sejak 1993 melalui program AQUA Peduli, yang turut mendukung upaya pemberdayaan pemulung.**

Leave a reply