Jatim dan Inggris Siap Lanjutkan Kerja Sama dalam KEK Singhasari

0
131

BI – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, diberitakan telah menerima kunjungan dari Country Director Departemen Bisnis dan Perdagangan Kedutaan Inggris, Mrs. Sophie, di Kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya pada Kamis, (5/10/2023)

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah isu penting telah dibahas oleh Emil Dardak, termasuk kolaborasi dalam pengembangan infrastruktur, pendidikan, dan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Singhasari Malang.

Pembicaraan tersebut mencakup hasil dan tindak lanjut dari kunjungan Gubernur Khofifah Indar Parawansa ke United Kingdom beberapa waktu yang lalu, dan komitmen tinggi untuk melanjutkan kerja sama yang diinisiasi selama kunjungan tersebut telah diapresiasi oleh Wagub Emil.

Dalam waktu dekat, ada rencana untuk membahas potensi kolaborasi dengan perguruan tinggi asal Inggris yang terkait dengan sektor ekonomi digital, dengan harapan program-program ini dapat segera diperkenalkan kepada masyarakat.

Dalam konteks infrastruktur, saat ini sedang berlangsung kajian untuk melihat potensi pengembangan transportasi publik berbasis rel di kawasan Surabaya dan sekitarnya, yang akan didanai oleh lembaga internasional. Namun, semua masih dalam tahap pembahasan lanjutan.

Wagub Emil menjelaskan bahwa ini adalah salah satu area yang sedang dikaji bersama, terutama dalam pengembangan transportasi publik yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Selain itu, Wagub Emil juga menyoroti komitmen Indonesia dalam mencapai ekonomi berkelanjutan dan bebas karbon, sehingga pengembangan transportasi publik yang lebih ramah lingkungan merupakan bagian dari visi jangka panjang hingga tahun 2050.

Country Director Departemen Bisnis dan Perdagangan Kedutaan Inggris, Mrs. Sophie, mengungkapkan bahwa ia sangat menikmati diskusi yang telah dilakukan bersama Wagub Emil. Mereka telah membahas potensi kerja sama di berbagai bidang, termasuk infrastruktur, pendidikan, dan pengembangan transportasi publik di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Dalam forum tersebut, hadir juga Depty Director Departemen Bisnis dan Perdagangan Kedutaan Inggris, Mrs. Laurie Dobson, serta beberapa perwakilan lain dari kedutaan Inggris dan jajaran Kepala OPD di Pemprov Jatim.**

Leave a reply