Kalsel Gelar South Borneo Expo 2023, Kenalkan Produk dan Potensinya di Surabaya

0
101

BI – Pameran “South Borneo Expo 2023” diadakan di Surabaya, Jawa Timur, selama tiga hari (6-8/10/2023) oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel. Sebanyak 19 stan telah tampil memamerkan produk-produk unggulan UMKM Kalsel dan satu stan telah digunakan untuk mempromosikan Geopark Meratus.

Seremoni pembukaan kegiatan pameran ini dilakukan pada Sabtu, 7/10/2023 yang lalu. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Kalsel melalui perdagangan, produk UMKM, dan investasi. Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalsel, Suparmi, melalui kegiatan ini, pihaknya mengundang para calon investor dan agregator untuk berkunjung langsung ke Kalimantan Selatan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Forum Komunikasi Pengusaha (FORKAS) sebagai calon investor maupun agregator.

Selama berlangsungnya pameran “South Borneo Expo” di Surabaya, Pemerintah Provinsi Kalsel berharap dapat membangun jaringan antara pelaku usaha dan investor. Pameran ini juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh pelaku UMKM Kalsel.

Dalam konteks ini, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kalsel, Raudatul Jannah, menyambut positif kegiatan “South Borneo Expo 2023” dan berharap kegiatan pameran semacam ini akan mendorong perkembangan UMKM di Kalsel serta meningkatkan kualitas produknya.

Pameran ini mengusung tema “Mendorong Pertumbuhan Kalsel yang Inklusif dan Berkelanjutan melalui Pengembangan Sektor Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi,” menurut Kepala Perwakilan BI Kalsel, Wahyu Pratomo. Pameran memiliki tiga agenda besar, yaitu pameran perdagangan produk UMKM unggulan, promosi pariwisata, termasuk Geopark Meratus, dan pertemuan bisnis antara pelaku UMKM dan agregator.

Dalam waktu dekat, kegiatan “South Borneo Expo 2023” akan dilanjutkan dengan kegiatan “Pamor Borneo 2023” di Banjarmasin pada November 2023. Fokus kegiatan tersebut tetap pada upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Kalsel yang inklusif dan berkelanjutan melalui pengembangan sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Leave a reply