Apkrindo Jatim Ramal Pertumbuhan Bisnis Kuliner Dua Digit

0
208

BI – Meskipun terjadi perlambatan ekonomi, Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim tetap memelihara optimisme terkait pertumbuhan bisnis kuliner di tahun ini yang diperkirakan akan mencapai pertumbuhan dua digit. Bahkan, dapat diamati bahwa banyak pengusaha restoran sedang melakukan perluasan bisnis mereka di Surabaya dengan menghadirkan merek baru.

Menurut Fery Setiawan, yang menjabat sebagai Ketua Apkrindo Jatim, pasar kuliner saat ini tengah mengalami perkembangan yang positif. Fenomena ini tercermin dari meningkatnya jumlah restoran dan kafe yang baru dibuka di Surabaya dan kota-kota lain di Jatim.

Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh perbaikan situasi ekonomi yang telah meningkatkan daya beli masyarakat, dan juga disokong oleh perubahan dalam gaya hidup masyarakat. Aktivitas makan dan minum di kafe dan restoran telah menjadi suatu kebiasaan, terutama di kalangan generasi muda.

Fery menjelaskan bahwa selain itu, minat masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata semakin meningkat, sehingga hampir setiap kota tujuan wisata selalu ramai di akhir pekan. Dampak positifnya adalah bisnis kuliner yang semakin berkembang.

Fenomena menarik adalah semakin banyak pelaku bisnis kuliner yang semakin gencar melakukan perluasan bisnis, baik di dalam kota maupun di luar kota. Tidak hanya merek lokal, tetapi juga merek nasional dan internasional terus tumbuh di kota-kota besar seperti Surabaya.

Fery juga mencatat bahwa selain hidangan tradisional, makin banyak restoran yang menghadirkan hidangan Jepang dan Korea di Surabaya. Bahkan, makanan Barat juga mulai mendapatkan perhatian yang lebih besar. Ada beberapa merek baru yang masuk ke pasar ini.

Di sisi lain, Giyanto Purwakir, yang menjabat sebagai Manajer Operasional dari Hurricane’s Grill dan Toby’s Estate Surabaya, menambahkan bahwa Surabaya memiliki potensi pasar yang besar. Oleh karena itu, mereka memiliki keyakinan untuk melakukan ekspansi bisnis di Kota Buaya ini.

Sebelumnya, Hurricane’s Grill, yang mengusung konsep makanan Grill and Steak dari Sydney, Australia, telah sukses membuka cabang di Jakarta. Melihat perkembangan pesat di Surabaya, terutama di sektor bisnis kuliner, mereka memutuskan untuk membuka cabang baru di kota ini.

Leave a reply