Uji Coba Jalan Layang Aloha Perlancar Perjalanan Nataru

0
71

BI-Rampung sudah Flyover (jalan layang) Aloha Djuanda akan dilakukan uji coba fungsional mulai 15 Desember hingga 21 Desember 2023. Upaya tersebut untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas serta memfasilitasi arus mudik dan arus balik selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Hari ini, tanggal 15 Desember 2023 tepat pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB akan dilakukan open traffic uji coba fungsional flyover Aloha Djuanda.

Selanjutnya, pada tanggal 16 Desember hingga 21 Desember 2023, flyover Aloha Djuanda dibuka kembali mulai pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan pengujian ini bertujuan untuk memastikan keamanan, kehandalan, dan keefektifan infrastruktur tersebut sebelum dibuka untuk penggunaan umum.

“Pengujian ini untuk memastikan bahwa flyover Aloha Djuanda siap beroperasi dengan optimal. Pihak berwenang telah memberikan imbauan kepada para pengguna jalan untuk memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk petugas lalu lintas selama periode pengujian,” ujar Gus Muhdlor.

Jika pengujian berjalan lancar, flyover Aloha Djuanda diharapkan dapat memberikan solusi signifikan terhadap masalah kemacetan yang sering dialami di kawasan tersebut.

“Semoga bisa benar-benar mengatasi kemacetan lalu lintas baik dari arah Surabaya ke Sidoarjo maupun sebaliknya,” harapnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.4 Provinsi Jawa Timur Surabaya-Waru-Sidoarjo I Made Gede Widhiyasa mengatakan sistem buka tutup ini diterapkan karena masih ada pekerjaan minor yang dilaksanakan pada malam hari, seperti pemasangan ornamen dan instalasi pagar pengaman.

Dikatakannya, fungsional flyover Aloha Djuanda dalam rangka dukungan infrastruktur untuk kelancaran lalu lintas di Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Terkait persiapan uji coba dan fungsionalisasi flyover Aloha Djuanda selama masa libur Nataru, pihak
BBPJN Jawa Timur – Bali telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim, BPTD Jawa
Timur, dan beberapa pihak terkait,” terang Gede Widhiyasa dalam keterangan tertulis nya.

Dia menegaskan, beberapa petugas akan ditempatkan di titik-titik yang diperkirakan akan mengalami kemacetan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas.

Flyover Aloha Djuanda akan ditutup kembali setelah 2 Januari 2024 atau masa libur Nataru telah usai.

“Operasional flyover Djuanda secara penuh akan dilakukan setelah seluruh pekerjaan selesai, sesuai dengan rencana serah terima pertama pekerjaan, yaitu pada tanggal 23 April 2024,” imbuhnya.

Terkait progress fisik, pembangunan flyover Aloha Djuanda hingga 11 Desember telah mencapai 95,21%, melampaui rencana sebesar 83,351% dengan surplus 11,85%.

Flyover Aloha Djuanda yang terletak di Kabupaten Sidoarjo memiliki total panjang jembatan 858
meter dengan Flyover A (Sidoarjo-Juanda) sepanjang 435 meter dan Flyover B (Juanda-Surabaya) sepanjang 423 meter.

Flyover Aloha Djuanda memiliki lebar jembatan 9 meter yang terdiri dari 2 lajur dengan lebar masing-masing 3,5 meter, bahu jalan, dan parapet sebagai pelindung.**

Leave a reply