Gerakan Sedekah Oksigen Gencar Dilakukan Gubernur Jawa Timur di Hari Gerakan Satu Juta Pohon

0
33

BI – Dalam rangka Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memperkuat gerakan sedekah oksigen, mengajak masyarakat untuk berkontribusi pada lingkungan. Ditekankan bahwa sedekah oksigen bukan hanya kontribusi saat ini tetapi juga warisan untuk generasi mendatang.

Gubernur Khofifah menyatakan bahwa dengan sedekah oksigen, masyarakat berkontribusi pada target tanam satu juta pohon sedunia. Gerakan ini, yang sudah sering dilakukan di Jatim, termasuk penanaman mangrove di berbagai pesisir, telah berhasil menanam 7.108.447 bibit mangrove di area seluas 2.015,08 hektar sejak tahun 2020 hingga Desember 2023.

Sedekah Oksigen ini sudah dilakukan keliling Jawa Timur. Harapannya, masyarakat menjadi familiar dengan kebiasaan menanam pohon dan pelaksanaannya bisa dilakukan kapanpun.

Selain penanaman mangrove, Gubernur Khofifah mendorong masyarakat untuk menanam jenis pohon lain, terutama Multipurpose Tree Species (MPTS). Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran pohon bagi manusia dan lingkungan.

Gubernur Khofifah juga mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian alam sebagai upaya pencegahan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Dan juga mengajak membudayakan nandur dan budaya cinta lingkungan pada diri sendiri dan keluarga. Tidak sekedar menanam, tapi juga merawat dan melestarikan.

Leave a reply