Provinsi Terbaik: Prestasi Jatim dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

0
46

BI – Provinsi Jawa Timur meraih predikat sebagai provinsi terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia, yang diumumkan melalui Keputusan Mendagri No. 100.2.1.7-6646 tanggal 21 Desember 2023. Keputusan ini disampaikan kepada seluruh pemerintahan daerah di Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023 oleh tim Nasional EPPD pada 13-15 Juli 2023, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Jawa Timur Tahun 2022 mendapatkan skor kinerja sebesar 3,6970. Jatim menduduki peringkat pertama nasional, diikuti oleh Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Terdapat peningkatan sebesar 0,087 dari skor kinerja LPPD tahun 2021 yang mencapai 3,61.

Kenaikan ini disebabkan oleh peningkatan capaian kinerja Indeks Kesejahteraan Makro (IK) terkait pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dan Capaian Kinerja Urusan Pemerintahan. Hal ini mencakup 24 urusan wajib, delapan urusan pilihan, dan fungsi penunjang urusan yang menjadi kewenangan Provinsi Jatim.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi prestasi tersebut dan menyatakan kebanggaannya. Ia menekankan bahwa peringkat ini merupakan hasil kerja keras bersama dan dedikasi semua pihak. Gubernur Khofifah juga mengaitkan prestasi ini dengan program Nawa Bhakti Satya, yang berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Jatim sebesar 3,58% selama tiga tahun (2020-2023), melampaui rata-rata nasional.

Dalam upaya mempertahankan prestasi, Gubernur Khofifah mendorong seluruh ASN Pemprov Jatim untuk tetap menjaga performa pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap semangat Nawa Bhakti Satya terus menjadi landasan dalam setiap pelaksanaan pelayanan publik. Gubernur juga menekankan pentingnya inovasi dan terobosan dari 38 OPD Pemprov Jatim dengan mematuhi prinsip IKI.

Selain itu, beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Timur masuk dalam 10 besar prestasi LPPD tertinggi nasional. Surabaya meraih peringkat pertama nasional untuk kategori Kota, sementara Banyuwangi menempati posisi pertama nasional untuk kategori Kabupaten. Capaian kinerja LPPD Kabupaten/Kota di Jatim meningkat, dengan 13 Kabupaten/Kota berkinerja tinggi, 24 berkinerja sedang, dan satu berkinerja rendah untuk tahun 2022, meningkat dibandingkan dengan tahun 2021.

Leave a reply