Masakan Khas Madura Jadi Andalan di Pameran Mappanre Ri Tasi’e 2024 Tanah Bumbu, Kalsel

0
21

Parade makanan dalam rangka Pesta Mappanre Ri Tasi’e 2024 di Tanah Bumbu dimeriahkan dengan berbagai olahan makanan khas, dengan masakan khas Madura menjadi salah satu andalan (28/04/2024).

Acara ini diikuti oleh berbagai SKPD di Tanah Bumbu dan ormas yang turut berkontribusi langsung. Kemeriahan acara semakin bertambah dengan berbagai hidangan kuliner yang siap memanjakan lidah pengunjung, dan banyak di antaranya merupakan masakan khas Madura yang jarang ditemui di tempat lain. Masyarakat yang berkunjung pun antusias mencicipi hidangan-hidangan tersebut.

Parade makanan ini menampilkan berbagai makanan khas dari berbagai suku yang ada di Tanah Bumbu, termasuk Madura yang menjadi salah satu fokus utama. Selain masakan khas Madura, terdapat pula makanan khas Jawa, Sulawesi, dan banyak lagi. Keberagaman budaya kuliner ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Bahkan, beberapa masakan khas Madura yang jarang ditemui di tempat umum pun turut ditampilkan dalam acara ini. Hal ini menunjukkan kekayaan budaya kuliner di Tanah Bumbu dan potensinya untuk menarik minat wisatawan.

Kepala Dinas BPKAD Hendra Wardani S.E, M.M., yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menkenalkan dan mengangkat produk kuliner lokal, khususnya masakan khas Madura, kepada masyarakat luas.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat melestarikan budaya lokal, khususnya dalam bidang kuliner, agar tetap eksis dan tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

“Kegiatan parade makanan ini menunjukkan keragaman budaya di Tanah Bumbu, dengan berbagai suku dan etnis yang memiliki menu kuliner khas daerahnya masing-masing,” ujar Hendra Wardani.

Ayam songkem dan sate Madura menjadi dua menu andalan dari masakan khas Madura yang ditampilkan dalam parade makanan ini. Kedua hidangan ini menarik perhatian banyak pengunjung dan mendapatkan banyak pujian atas kelezatannya.

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar, juga menyempatkan diri untuk mengunjungi langsung kegiatan parade makanan ini, didampingi oleh Sekda dan pejabat daerah lainnya. Kunjungan ini menunjukkan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap upaya pelestarian budaya dan promosi kuliner lokal, khususnya masakan khas Madura.

Dengan kekayaan budaya kulinernya, khususnya masakan khas Madura yang menjadi andalan, Tanah Bumbu memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan seperti Pesta Mappanre Ri Tasi’e dan parade makanan ini, kuliner khas Tanah Bumbu, khususnya masakan khas Madura, dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas..***

Leave a reply