Bisnis Jasa Henna Madiun, Tawarkan Motif Custom dengan Harga Terjangkau

0
3

BI-Berawal dari hobi menggambar sejak kecil, alhasil memotivasi perempuan muda yang tinggal di Magetan ini untuk membuka bisnis jasa henna. Cynthia Devi, perempuan kelahiran 1997 silam ini merintis bisnis jasa hennanya dengan menawarkan motif custom atau menyesuaikan permintaan bagi setiap customernya dengan harga yang sangat terjangkau.

Motif yang paling banyak diminta oleh pengantin yakni motif bunga maupun kubah, adapun juga corak India. Sedangkan untuk Henna Fun yang biasanya buat anak- anak didominasi dengan motif hewan atau karakter tokoh yang lagi digemari anak- anak, Chintya juga membeberkan bahwa tidak hanya henna pada tangan saja, adapun henna alis, henna rambut, henna craft yang biasa dikain/ kertas maupun handphone.

Memulai bisnis tersebut, juga tidak langsung membuat Cynthia, sapaan akrabnya merambah Henna Wedding. Ia menceritakan bagaimana awal mula mendirikan bisnis yang ia bangun sejak 2018 silam, dan saat itu masih duduk dibangku kuliah.

“Mulai usahanya itu tahun 2018, dan masih berusia 21 tahun, nah itupun aku nggak langsung Henna Wedding ya Mbak. Mulai dari Henna Fun yang untuk anak-anak gitu,” ucap Cynthia kepada RRI Madiun. Sedangkan untuk Henna Wedding sendiri, baru dimulai pada tahun 2020 oleh perempuan yang merupakan lulusan S1 Kesehatan Masyarakat.

Suka duka dalam menjalani usaha jasa henna juga dirasakan oleh Cynthia, dukanya mulai dari sempat kesulitan mengatur waktu, lantaran Ia juga memiliki pekerjaan utama. Selain itu sering kali waktu tersisa untuk melakukan henna menjadi berkurang karena proses make up yang sedikit molor, sedangkan sukanya bisa bertemu banyak orang dengan beragam profesi, kolaborasi yang membuka jalan untuk peluang- peluang baru.

Cynthia sendiri saat ini juga berkolaborasi dengan empat make up artist untuk area Madiun raya, sehingga beberapa permintaan berasal dari paket yang ada dari MUA tersebut. Namun, beberapa pelanggan juga banyak yang langsung menghubungi melalui kontak WhatsApp maupun direct message Instagram.

Modal awal sendiri dalam menjalankan bisnis jasa henna ini diungkapkan oleh perempuan kelahiran Simalungun ini berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000. Adapun cerita yang tentu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan terlebih saat awal- awal memulai usaha, bagi perempuan yang selalu mencari sumber inspirasi untuk hennanya lewat Instagram Henna Artist, masukan maupun modifikasi dari setiap permintaan pelanggan.

“Nah biasanya kan ngegambar ditangan orang- orang terdekat ya, terus pas waktu buka di CFD saat itu awal- awal mulai ngehenna tangan anak- anak dan aku merasa tremor. Alhamdulilah bisa dikondisikan dan gak kerasa malahan padahal itu mulai jam 07.00 sampai 13.00 buka lapaknya, alhasil pulang- pulang tangan kaku tapi seneng banget rasanya pas itu apalagi bareng- bareng sama teman satu kosan,”kenang Cynthia kepada RRI Madiun.

Harga untuk jasa Henna milik Cynthia ini tergolong sangat ramah dikantong, untuk Henna Fun mulai dari RP. 5.000 untuk satu tangan, sedangkan untuk Henna Wedding mulai dari Rp. 200.000 sudah include pemasangan kuku, dan detail pada henna seperti manik- manik dan glitter. Beragam jenis Henna dengan warnanya bisa dipilih dan untuk informasi selengkapnya bisa berkunjung pada akun Instagram milik Cynthia @thia_dev

Dalam proses melakukan henna tangan, awalnya membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam. Namun semakin berjalannya waktu Cynthia bisa mempersingkat waktu menjadi 1 hingga 2 jam saja yang sudah termasuk pemasangan kuku dan penambahan detail seperti manik- manik maupun gliter pada henna. **

Leave a reply