Bandara Juanda Bakal Dilengkapi Belasan Autogate System Imigrasi

0
14

BI-Autogate System Imigrasi mulai dipersiapkan di Bandara Juanda. Di antaranya pemasangan unit autogate dan ruang kendali utama.

Data dan informasi yang diperoleh detikJatim dari Kantor Imigrasi Surabaya menyebut area kedatangan imigrasi bakal dilengkapi dengan 18 unit autogate. Seluruhnya ditargetkan rampung dan mulai diuji coba pada Desember 2024.

Selain itu, ada pula ruang PAU atau Passenger Analysis Unit yang menjadi pusat kendali utama bagi lalu lintas penumpang. Di sini, seluruh aktivitas akan dipantau secara terintegrasi melalui sistem SIPP, IASS, dan CCTV. Di lantai 2 area keberangkatan terdapat 10 unit autogate tambahan serta jalur khusus untuk jemaah umrah.

Rencana pemasangan autogate di Bandara Internasional Juanda telah dimulai sejak tahun 2023. Tujuannya tak lain untuk memastikan bahwa sistem autogate yang akan diterapkan di Bandara Internasional Juanda dapat beroperasi dengan optimal dan sesuai dengan standar internasional.

Menanggapi hal itu, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Felucia Sengky Ratna mengatakan pemasangan autogate untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan dengan standar internasional serta untuk memenuhi kelengkapan area dan fasilitas guna meningkatkan keamanan dan efisiensi layanan.

“Pemasangan kami targetkan selesai dan akan uji coba pada Desember 2024 dan dapat digunakan secara resmi pada awal 2025 mendatang,” kata Felucia saat berada di Terminal 2 (T2) Bandara Juanda, Jumat (18/10/2024), usai meninjau kesiapan pemasangan autogate di area imigrasi serta perkembangan pembangunan ruang tunggu khusus keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah.

Felucia menilai kelancaran proses di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), terutama untuk mengantisipasi lonjakan penumpang adalah hal penting. Menurutnya, saat ini progres pembangunan telah mencapai 40 persen dan ditargetkan selesai pada Januari 2025.

Kendati begitu, ia meminta agar QR Code untuk layanan e-VOA atau Visa on Arrival diperbanyak. Supaya, dapat memudahkan penumpang mengakses layanan tersebut dan diharapkan mampu menghadapi lonjakan penumpang di masa mendatang.

“Jangan sampai penumpang kesulitan hanya karena keterbatasan akses informasi. Kenyamanan penumpang adalah prioritas, setiap fasilitas dan layanan harus siap mendukung arus lalu lintas dengan baik,” ujarnya.

Hal selaras disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Ramdhani. Ia mengungkapkan uji coba dan pengoperasionalan autogate dalam beberapa bulan ke depan.

“Berdasarkan timeline pekerjaan, autogate Bandara Internasional Juanda akan dapat diuji coba pada akhir Desember 2024. Kami sangat berharap fasilitas ini dapat mulai dimanfaatkan oleh masyarakat sepenuhnya pada awal tahun 2025,” jelasnya.**

Leave a reply