Pasar Keputran Surabaya Akan Direvitalisasi, Pedagang Pindah Sementara

0
33

BI-Pihak pengelola akan melakukan revitalisasi Pasar Keputran Selatan pada Desember 2024. Selama masa revitalisasi ini, pedagang akan dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

“Sebelum revitalisasi nantinya akan diawali dengan relokasi pedagang ke Tempat Penampungan Sementara (TPS),” ujar Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Gianto Sulistyono, Minggu (6/10/2024).

Gianto menjelaskan, lokasi TPS itu tetap berada di kawasan Keputran, tepatnya di bagian timur Pasar Keputran Selatan. Pembangunan TPS tersebut akan dilakukan pada 7 November 2024 dan ditargetkan rampung dalam satu bulan.

“Estimasinya pada 7 Desember 2024 pedagang sudah masuk dan menempati TPS,” ujarnya.

Namun, PD Pasar juga mengatakan bahwa ada syarat bagi para pedagang yang bisa menempati TPS selama masa revitalisasi. Diantaranya pedagang tidak memiliki tunggakan rekening dan memiliki legalitas pemakaian stand.

“Jika ada yang memiliki tunggakan rekening, kami memberikan toleransi penyelesaian tunggakan maksimal 14 November 2024,” katanya.

Terkait rencana revitalisasi sendiri, Gianto mengatakan pembangunan Pasar Keputran Selatan diperkirakan memerlukan waktu empat bulan atau hingga April 2025.

Usai revitalisasi ini selesai, sebanyak 217 pedagang yang tercatat aktif di sana akan diperkenankan kembali ke lokasi pasar sebagaimana mestinya.

“Rencananya pada 7 April 2025, pedagang sudah bisa kembali berjualan di rumah baru (gedung baru),” tuturnya.

Ia menambahkan Pasar Keputran Selatan yang akan direvitalisasi ini memiliki luas lahan 4.100 meter persegi. Saat ini, tercatat ada 217 pedagang aktif di pasar tersebut.

Pasar Keputran Selatan ini memiliki luas lahan 4.100 meter persegi. Rencananya dalam konsep revitalisasi yang diusung, bangunan baru bakal menjadi 308 stand. Rinciannya, stand kios sejumlah 60 unit dan stand los 248 unit.

Saat ini program revitalisasi Pasar Keputran Selatan sedang dalam proses lelang. Rencananya revitalisasi akan dimulai bulan Desember 2024 mendatang.**

Leave a reply