Kabinet Merah Putih Diisi Politikus, Apindo; Prabowo Utamakan Stabilitas

0
9

BI-Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia i Pengusaha Indonesia (Apindo), Ajib Hamdani, mengatakan Prabowo-Gibran mengutamakan stabilitas dan akselerasi ekonomi dalam pemilihan susunan kabinetnya. Menurut dia, untuk menjaga stabilitas presiden akan cenderung mengambil unsur birokrat dari partai.

“Yang bisa memberikan dukungan secara politik untuk program-program strategis dan program populis yang menjadi janji kampanye sebelumnya,” ujarnya dalam pernyataan resmi dikutip Senin, 21 Oktober 2024.

Sedangkan untuk akselerasi ekonomi, presiden akan memperkuat jajaran pembantunya di kabinet dari unsur teknokrat. Dengan keahlian, pengalaman dan portofolio yang dimiliki, menteri dari unsur ini diharapkan mampu mendongkrak dan memberikan daya ungkit maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan gambaran kabinet, sekitar 16 kementerian kembali diisi oleh jajaran lama. Menurut dia menjadi hak prerogatif presiden untuk membuat format kabinetnya. “Tetapi, dengan tantangan ekonomi yang begitu kompleks, harus ada evaluasi atas kinerja, agar aspek akselerasi ekonomi selanjutnya menjadi perhatian utama presiden,” kata dia.

Sejumlah menteri dari kabinet Presiden Jokowi kembali diminta membantu pemerintahan Prabowo-Gibran. Beberapa di antaranya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Nama-nama lain dari kabinet sebelumnya juga turut diminta kembali mengemban tugas menteri, di antaranya, menteri ekonomi dari kabinet Jokowi yang juga dipanggil adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia; Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani; Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri BUMN Erick Thohir; Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono yang menjadi Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan.

Kemarin, Prabowo telah mengumumkan sebutan untuk kabinetnya ke depan. “Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih,” kata Prabowo di Istana Merdeka pada Ahad malam, 20 Oktober 2024.**

Leave a reply