Polygon, dari Indonesia untuk Dunia

0
185

BI – Polygon, siapa yang tidak tahu merek sepeda satu ini. Dilihat dari namanya, mungkin sebagian orang mengira bahwa sepeda tersebut buatan luar negeri.

Padahal sebenarnya Polygon merupakan buatan Indonesia. Polygon diproduksi oleh perusahaan yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur yang bernama PT Insera Sena.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 oleh Soejanto Widjaja, seorang lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perusahaan ini didirikan untuk meneruskan usaha keluarga yang menekuni pekerjaan dalam industri sepeda.

Nama perusahaan ini pun memiliki arti yang sangat unik. Insera merupakan kependekan dari Industri Sepeda Surabaya, sedangkan Sena merupakan nama dari salah satu tokoh wayang terkenal di Jawa Timur yang dikenal sebagai simbol kekuatan.

Pada awalnya, perusahaan ini berorientasi pada pasar luar negeri dengan memproduksi sepeda berdasarkan pesanan merek-merek terkenal dari luar negeri.

Akhirnya pada sekitar tahun 1990-an, PT Insera Sena memproduksi sepeda merek Polygon untuk di jual di dalam negeri.
Saat ini perusahaan ini telah memiliki kurang lebih 1000 pekerja dan 20 orang ahli di bidang research and development.

Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi sepeda hampir 1 juta unit per tahun dalam berbagai jenis sepeda mulai dari city bike, trekking bike, road bike, mountain bike dah jenis-jenis lainnya.

Di pasar Internasional, perusahaan ini telah mengekspor sepeda ke 5 Benua dan lebih dari 30 negara. Tidak heran, pada tahu 2009, PT Insera Sena mendapatkan penghargaan Primaniyarta sebagai Best Performing Exporter dan pada tahun 2012 mendapatkan penghargaan yang sama dalam kategori Global Brand Creator.

Dalam merancang, membangun dan merekayasa sepeda kelas dunia, Polygon menggandeng para insinyur, perancang industri, pemikir kreatif dan pengendara profesional dari Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Polygon terus berinovasi dan bekerja keras untuk menghasilkan desain yang segar dan otentik dengan relevansi global.

Tak heran jika Polygon sudah dipakai di berbagai kejuaraan sepeda tingkat nasional maupun internasional.**

Leave a reply