Kembangkan Kemitraan Forkas Kunjungi Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur

0
189

BI-Forkas terus berusaha mengembangkan jaringannya. Pada Rabu, 23/11/2022, bertempat di Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I, Ketua Forkas M. Turino Junaedy beserta Henry Setiawan selaku Ketua Bidang Riset dan Data bertemu dengan Prof Dr. P.M. John L. Hutagaol, S.E., Ak., M.Acc., M.Ec (Hons) CA selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur sekaligus Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I.

Dalam pertemuan tersebut, Prof John menjelaskan tentang peran penting Kementerian Keuangan (Kemenkeu) khususnya di Jawa Timur, dimana terdapat unit vertikal dari 5 unit eselon I di bawahnya.

Selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur, Prof Jhon diberi tugas oleh Menteri Keuangan untuk mengkoordinasikan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur I, II dan III, kemudian Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Jawa Timur I dan II, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Jawa Timur, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Provinsi Jawa Timur, Kantor Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Barang Milik Negara (KPTIKBMN) Surabaya dan Balai Diklat Keuangan Malang.

Peran penting Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur di bidang perpajakan (DJP) Kepabeanan dan Cukai (DJBC), Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, dan Lelang, (DJKN), pelaksanaan anggaran, pengelolaan kas dan investasi, pembinaan pengelolaan keuangan BLU, akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah (DJPb).

Di DJPb juga dikenal Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yaitu program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). sedangkan di bidang pendidikan dan pelatihan keuangan terdapat Balai Diklat Keuangan untuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan tentang Keuangan Negara.

Dalam pertemuan tersebut, Prof Jhon juga menyampaikan bahwa sinergi dan kolaborasi bias dikembangkan antara Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur dan Forkas dalam berbagai kegiatan edukasi dan sejenisnya dalam bentuk sosialisasi, talkshow, bimbingan teknis dan kegiatan sejenis lainnya.

Forkas pun tetap berkomitmen untuk mengembangkan jaringannya guna membantu asosiasi yang dinaunginya dalam menjalankan roda perekonomian di Jawa Timur agar makin maju dan berkembang.**

Leave a reply