P2 dan Humas DJP Kanwil Jatim II Siap Support Forkas dalam Hal Ini

0
288

BI-Pada hari Rabu, 22/11/2022, bertempat di Gedung Kencana Surabaya, Forum Komunikasi Pengusaha (Forkas) menerima kunjungan dan perkenalan pejabat baru dari Direktorat Jendral Pajak Kantor Wilayah Jawa Timur II (DJP Kanwil Jatim II) yaitu Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat atas nama Heru Susilo

Turut hadir juga Siti Nurchoiriyati selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Yohan Recardhana selaku Kepala Seksi Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi, Hanif Dian Firmansyah selaku Staf Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat dan Mokhammad Fatoni selaku Staf Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat.

Sedangkan dari pihak Forkas, kunjungan tersebut di terima olah M. Turino Junaedy (Ketua Umum), Henry Setiawan (Ketua Bidang Riset dan Data), Sundoro (Ketua Bidang Angkutan Darat), Reswanda (Ketua Bidang Advokasi), Ali Mas’ud (perwakilan APRISINDO), Taufik Aldjufri (Ketua Bidang Koperasi Pasar Turi),Ilham (perwakilan Koperasi Pasar Turi), Arie Indarwanto (Ketua Bidang Kawasan Berikat), M. Soleh (Ketua Bidang Aplikator).

Walau baru menjabat selama kurang lebih dua minggu sebagai Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Heru Susilo langsung ingin tancap gas dengan bertemu pengurus Forkas.

Forkas dipilihnya karena dianggap sebagai salah satu wadah bagi berbagai asosiasi pengusaha yang strategis untuk diajak kerjasama.

Dalam pertemuan tersebut Heru Susilo mengucapkan terima kasih kepada Forkas atas sambutan yang diberikan.

Lebih lanjut Heru Susilo membuka diri untuk memberikan support serta sharing kepada pengusaha yang tergabung di Forkas.

Heru Susilo juga menyatakan bahwa DJP Kanwil Jatim II juga membutuhkan dukungan dari Forkas. Ke depan kemitraan yang strategis ini bisa terbangun dengan semangat kebersamaan dengan tujuan yang sama yaitu untuk Indonesia yang lebih baik, ekonomi tumbuh baik, iklim investasi baik, iklim fiskal yang mendukung iklim investasi dan kebijakan pajak yang mendukung iklim investasi, ujarnya.

Sedangkan dari pihak Forkas juga mengapresiasi atas inisiatif DJP Kanwil Jatim II yang mau turun ke lapangan untuk bertemu dengan perwakilan para pengusaha yang tergabung dalam Forkas.

Dalam pertemuan tersebut masing-masing perwakilan Forkas menyampaikan aspirasi, harapan dan kendala yang sering di temui di lapangan sehingga timbul dialog yang aktif.

Heru Susilo berkomitmen untuk bersedia memberikan pembekalan, sosialisasi atau sejenisnya kepada asosiasi pengusaha yang membutuhkan informasi perpajakan di sektor bisnis tertentu.

Di akhir pertemuan, tak lupa Heru Susilo juga mengingatkan para pengusaha untuk tidak takut jika menerima surat / undangan dari pihak DJP Kanwil Jatim II untuk memberikan keterangan agar mengurangi potensi dilakukannya pemeriksaan pajak.

Menurutnya salah satu penyebab dilakukannya pemeriksaan pajak karena pengusaha yang dinilai tidak kooperatif atau tidak bisa bekerja sama saat dilakukan pemanggilan atau saat dimintai keterangan.

Lebih lanjut, Heru Susilo juga menyampaikan bahwa wujud respon atas surat DJP tidak selalu harus datang ke lokasi kantor pajak terkait tetapi juga bisa dilakukan dengan cara membalas surat DJP secara tertulis juga.

Agar memudahkan proses surat menyurat serta menghindari miss, disarankan setiap pengusaha yang pindah kantor agar memperbarui informasi alamat kantor yang ada di kantor pajak terkait.

Dari pertemuan pertama ini, diharapkan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan dan secara berkelanjutan.

Dari kedua belah pihak bisa saling take and give. DJP membutuhkan berbagai informasi tentang bisnis sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan, sedangkan dari sisi pengusaha membutuhkan bantuan DJP untuk memberikan bimbingan perpajakan serta kemudahan.**

Leave a reply