Provinsi Jawa Timur Berhasil Lampaui Target Pendapatan Tahun 2023

0
9

BI – Provinsi Jawa Timur mencatat pencapaian menggembirakan dalam realisasi pendapatan dan belanja tahun 2023, melebihi target yang ditetapkan. Berdasarkan Laporan Realisasi Anggaran per 31 Desember 2023, pendapatan daerah berhasil mencapai 102,34 persen dari target, yakni Rp 33,59 trilliun, melampaui angka yang ditetapkan sebesar Rp 32,82 triliun.

Sementara itu, realisasi belanja daerah mencapai 92,83 persen setara dengan Rp 34,47 triliun dari target Rp 37,14 triliun. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan rasa syukur atas prestasi ini, menggambarkannya sebagai hasil kerja keras dan kinerja terbaik seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Jatim.

Khofifah menyoroti upaya maksimal dalam memanfaatkan pendapatan dan anggaran untuk percepatan dan pemerataan pembangunan di Jatim. Dia menekankan pentingnya melibatkan semua elemen, termasuk OPD, Forkopimda, dan kepala daerah, untuk memperkuat kinerja di masing-masing tugas.

Meskipun mencapai kesuksesan, Khofifah mengingatkan akan pentingnya evaluasi khususnya dalam realisasi belanja. Ia menekankan perlunya percepatan dan ketepatan dalam pelaksanaan anggaran agar berdampak langsung dan tepat sasaran. Evaluasi dan koreksi diharapkan dapat memastikan bahwa anggaran yang digunakan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat, termasuk upaya penurunan kemiskinan, pengangguran, dan stunting.

Leave a reply