Siap Bantu Anggota Atasi Masalah, REI Meresmikan Helpdesk Perizinan

0
80

BI-Sebaik-baiknya asosiasi adalah asosiasi yang bisa memberikan manfaat bagi anggotanya. Prinsip inilah yang mendorong Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) untuk selalu peduli terhadap anggotanya. Kepedulian REI terhadap angotanya benar-benar sangat besar.

Hal itu diwujudkan dengan diresmikannya helpdesk perizinan REI yang memiliki tugas utama untuk membantu Kementerian / Lembaga (KL) mensosialisasikan atas regulasi, bimtek & program. Serta membantu & mendampingi anggota dalam menyelesaikan permasalahan layanan publik.

Gagasan penerbitan helpdesk ini bermula dari pandangan Muhammad Turino Junaedy selaku Wakil Ketua Umum Bidang Perizinan Dewan Pengurus Pusat (DPP) REI yang sekaligus diberi amanah sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Helpdesk Perizinan REI.
Dalam peresmian helpdesk perizinan REI yang diselenggarakan Rabu, 15/02/2023, di kantor Sekretariat DPP REI, Jakarta, M.T. Junaedy mengatakan, gagasan helpdesk perizinan ini bermula dari adanya kevakuman pelayanan publik selama dua tahun terakhir.

Selain itu, belakangan juga banyak bermunculan regulasi serta beragam aplikasi yang mengiringi terbitnya aturan perizinan. Hal tersebut memicu banyaknya pelaku usaha properti yang terbentur masalah, bahkan ada yang kolaps.

Program helpdesk perizinan ini mendapat respon yang baik dari berbagai KL. Tidak tanggung-tanggung ada 10 Kementerian dan 12 Lembaga yang support helpdesk perizinan REI. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya perwakilan KL yang datang dalam seremoni peresmian helpdesk perizinan REI.

Seperti Andi Maulana selaku Deputi Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Ary Sudijanto selaku Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Turut hadir juga Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ichsan Zulkarnaen, dan juga Nitta Rosalin, Kepala Sub-Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Andi Maulana sangat mengapresiasi layanan helpdesk REI ini, bahkan Andi mengatakan bahwa helpdesk REI ini bisa menjadi contoh bagi asosiasi lainnya.

Di sisi lain peresmian helpdesk perizinan REI menjadi tumpuan asa seluruh pengembang di Tanah Air. Untuk mendorong percepatan birokrasi di bidang perizinan berusaha di sektor properti.**

Leave a reply