Industri Daur Ulang Plastik Terus Berinovasi Wujudkan Industri Hijau

0
156

 

BI-Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) selaku wadah berkumpul, membangun jaringan dan berbagi pengetahuan bagi pelaku usaha bidang daur ulang plastik terus menggaungkan program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN).

Program yang diinisiasi bersama dengan perusahaan air minum dalam kemasan Le Minerale ini dimulai di awal tahun 2021 dan hingga kini program tersebut semakin meluas dan terus berkembang. Yang awalnya hanya di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, di tahun 2022 sudah merambah ke Jawa Timur, Bali dan Lombok.

Atas komitmen dan kerja kerasnya dalam menciptakan industri hijau sekaligus upaya mengurangi sampah, tak heran jika ADUPI pada 16 Agustus 2022 mendapatkan penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, Ibu Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.

Sebagai tindak lanjut program GESN, baru-baru ini, tepatnya di Jombang, Jawa Timur, 8/2/2023, telah diresmikan PT. Bumi Indus Padma Jaya yang merupakan perusahaan daur ulang yang memiliki kapasitas produksi 22.000 ton per tahun Recycled PET Plastic (RPET) yang telah memenuhi standar keamanan pangan internasional.

Perusahaan tersebut menggunakan teknologi pengolahan Polyethylene Terephthalate (PET) paling modern dan berfokus pada higenitas.

Perusahaan yang diresmikan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ini menjadi salah satu tumpuan dalam memperkuat ekosistem daur ulang dan ekonomi sirkular.

Selain Menteri Perindustrian, turut hadir dalam peresmian tersebut, Ronald Atmadja selaku Komisaris Utama PT. Bumi Indus Padma Jaya, Christine Halim selaku Direktur Utama PT. Bumi Indus Padma Jaya, sekaligus Ketua Umum ADUPI, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab beserta Forkopimda Kabupaten Jombang

Sebelumnya, di pertengahan tahun kemarin inovasi di dunia daur ulang plastik sempat juga menghebohkan publik, dengan adanya inovasi sepatu yang berasal dari bahan daur ulang plastik.

Aerostreet, perusahaan sepatu lokal yang berkolaborasi dengan perusahaan air minum dalam kemasan Le Minerale berhasil memproduksi sepatu keren yang berbahan plastik daur ulang. Walau sebagian bahan baku sepatu ini terbuat dari bahan plastik, sepatu tersebut tidak akan jebol atau rusak jika dicuci maupun terkena air.

Sepatu Aerostreet x Le Minerale ini sudah menggunakan teknologi terbaru Shoes Injection Mould yang merupakan bahan sole dicairkan dengan tekanan tinggi sehingga dapat menyatu sempurna dengan bahan kain dari sepatu tanpa menggunakan proses lem.

Dengan tampilan bagian atas berwarna biru muda, biru indranila serta bagian sol berwarna putih serta perpaduan model authentic sneaker dan high-top basketball sneaker menjadikan sepatu ini sangat modis dan cocok untuk anak muda.

Perkembangan dunia daur ulang plastik di atas sejalan dengan visi Indonesia untuk menjadi negara industri tangguh yang bercirikan struktur industri nasional yang kuat, sehat dan berkeadilan, industri yang berdaya saing tinggi di tingkat global, serta industri yang berbasis inovasi dan teknologi.**

 

Leave a reply