Menparekraf Optimis Wisatawan Nusantara Di Tahun 2023 Mencapai 1,4 Miliar

0
73

BI -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di sela memberikan kuliah umum di Politeknik Pariwisata Makassar, Jumat, 3/3/2023, mengatakan bahwa pihaknya optimis mencapai target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,4 miliar pada tahun ini, seperti yang dikutip dari Antara.

Menurut Sandiaga, meskipun harus menghadapi tingginya harga tiket pesawat pasca pandemi Covid-19 dan kondisi ekonomi global yang sedikit banyak berdampak pada sektor pariwisata, namun Indonesia masih tetap tumbuh.

Lebih lanjut Sandiaga juga menyampaikan kondisi Indonesia yang masih tumbuh itu menjadi salah satu indikator jika pergerakan wisatawan nusantara akan membantu perekonomian dan pemulihan ekonomi dalam negeri secara bertahap.

Jika mengaca pada capaian tahun lalu pergerakan wisatawan nusantara mencapai 703 juta, tahun ini pihaknya optimis terjadi peningkatan dua kali lipat sehingga target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara bisa tercapai.

Sementara dalam kuliah umumnya, Sandiaga memaparkan strategi dalam mengembangkan sektor keparawisataan dan ekonomi kreatif. Pertama, dengan melakukan optimalisasi kelembagaan dengan meningkatkan sertifikasi.

Kedua, dengan meningkatkan kompetensi SDM yang berkecimpung di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Ketiga, penguatan komunitas dan kelembagaan pariwisata dan ekonomi kreatif. Keempat, dengan upskilling dan newskilling dalam menopang pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Sandiaga mengatakan, dalam pengembangan sektor pariwisata perlu kolaborasi dengan semua pihak. Termasuk dalam menyikapi kondisi ekonomi global, masih tingginya harga tiket pesawat dan belum adanya penerbangan di rute destinasi wisata tersebut.**

Leave a reply