Kembangkan Industri Panel Surya, Pemerintah Akan Gandeng Singapura

0
78

BI – Warta Ekonomi sebagai media digital nasional pada Selasa, 14/3/2023, menggelar acara Indonesia Leading Economic Forum 2023 yang mengambil tema “Strengthening the Economic Climate Amid the Global Polycrisis Era”. Acara ini dibuka langsung oleh Muhamad Ihsan selaku CEO Warta Ekonomi & Quadrant1 Komunika.

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Luhut) sebagai Keynote Speaker. Dalam kesempatan tersebut Luhut mengungkapkan adanya rencana kerjasama dengan pemerintah Singapura terkait industri panel surya.

Lebih lanjut, Luhut mengungkap bahwa pada awalnya pemerintah Singapura menginginkan listriknya diekspor ke Singapura, tetapi pemerintah Indonesia tetap bersikukuh untuk pengembangan industri tersebut dilakukan di dalam negeri.

Menurut Luhut, kerjasama dengan Singapura tersebut untuk mendukung kawasan industri Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) yang berada di Kalimantan Utara. Di kawasan industri tersebut telah diresmikan peletakan batu pertama pada pembangunan PLTA Mentarang yang diproyeksi berkapasitas 1.375 Megawatt (MW).

Dalam kawasan industri tersebut juga akan dibangun pabrik petrokimia terbesar, pabrik iron steel, electonik alumina, pabrik baterai listrik hingga panel surya. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melakukan proyek end to end dan tidak hanya ekspor listrik ke Singapura. Menurut Luhut, proyek tersebut membutuhkan investasi sekitar 50 miliar dolar AS.

Dalam acara tersebut turut hadir juga narasumber lain seperti Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk., Wianto Chen; Senior Ekonom World Bank, Wael Mansour; Peneliti Departemen Ilmu Ekonomi CSIS Indonesia, Adinova Fauri; Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dody Widodo.

Selain itu ada juga Manager Direktur dan Chief Financial Officer PT Bank Central Asia Tbk, Vera Eve Lim; Chief Technical Adviser of United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) Indonesia, Salil Dutt; Country Director Asian Development Bank for Indonesia, Jiro Tominaga; Associate Partner at McKinsey & Company, Eric Buntoro; serta Partner at East Ventures, Avina Sugiarto.**

Leave a reply