Kementerian Investasi Promosikan Hilirisasi Perkebunan Ke Investor Sumut

0
101

BI – Kementerian Investasi/Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyelenggarakan Regional Investment Forum (RIF) 2023 di Medan, Rabu, 15/3/2023. RIF tahun ini mengambil tema “Forum Peningkatan Investasi Hilirisasi Perkebunan” dengan tujuan untuk mengajak calon investor dalam negeri meningkatkan dan memperkuat investasi di bidang hilirisasi perkebunan.

Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru dan Pasifik, Kementerian Investasi/BKPM, Saribua Siahaan mengatakan bahwa RIF sebagai forum strategis untuk mengajak investor lokal tumbuh dan berkembang. RIF sendiri rencananya akan digelar tiga kali di sepanjang tahun 2023, yang di awali di Medan, dan selanjutnya ke Balikpapan dan Labuan Bajo.

RIF kali ini dibuka oleh Walikota Medan Bobby Nasution dan dihadiri oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumatera Utara dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara.

Dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan selaku keynote speaker menerangkan bahwa saat ini penanaman modal bukan merupakan suatu hal yang sulit. Semua bisa diakses melalui Aplikasi Online Single Submission (OSS), maka dari itu dirinya mengajak investor lokal untuk berinvestasi di bidang hilirisasi perkebunan sesuai dengan instruksi Presiden.

Sedangkan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Medan, Agus Suryono dalam pemaparannya menyampaikan peluang investasi di Sumatera Utara terutama pada perkebunan kelapa sawit, karet dan tembakau. Agus menyatakan bahwa komoditas perkebunan mencapai Rp 577 triliun dan sektor perkebunan memiliki alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 20,37 triliun sehingga Sumatera Utara membutuhkan investasi sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi.

Dalam kegiatan itu, ada beberapa pemateri lain yang dihadirkan untuk memaparkan informasi seputar peluang investasi, nilai tambah dan usaha berkelanjutan di bidang hilirisasi perkebunan, dengan tujuan untuk meyakinkan investor supaya berinvestasi di bidang hilirisasi perkebunan.

Pemateri tersebut yaitu Direktur Hilirisasi Perkebunan, Kelautan, Perikanan dan Kehutanan Kementerian Investasi/BKPM, Mohamad Faizal ; Zulkifli Hasibuan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut ; Kabid Promosi Penanaman Modal Dinas PMPTSP Sumut, Damar Wulan dan Laurensius Aris Budiarto dari Bank Mandiri Region I Sumatera 1.

Secara garis besar, RIF merupakan wadah bagi pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi dan peluang penanaman modal dari daerah masing-masing serta membuka kesempatan bagi investor untuk melihat potensi daerah dan berinteraksi secara langsung dengan para pemangku kepentingan.**

Leave a reply