Modal Awal Cuma Rp 10 Juta, Startup RI Ini Sukses Mendapatkan Pendanaan US$ 300 Juta

0
101

BI – Startup asal Indonesia ini disorot oleh CNBC Internasional karena kisah sukses perusahaan yang hanya bermodal Rp. 10 Juta. Aruna, merupakan startup Indonesia pertama yang berfokus untuk menghubungkan nelayan lokal ke pasar yang lebih luas menggunakan teknologi.

Pendiri dari Aruna adalah Utari Octavianty. Berawal dari menyukai seafood namun dirinya kesulitan mencari seafood yang enak, sehingga terpikirkan untuk membeli seafood langsung dari nelayan di desa pesisir.

Idenya itu dia bagikan dengan teman sekelasnya yakni Farid Naufal Aslam dan Indraka Fadhlillah. Akhirnya mereka bertiga memutuskan mengikuti kompetisi Hackathon Merdeka pada tahun 2015 untuk mendapatkan modal. Dan akhirnya Aruna berhasil menjuarai kompetisi tersebut.

Mulai didirikan tahun 2016, Aruna terus berkembang hingga sekarang. Tahun lalu Aruna mengekspor 44 juta kilogram seafood ke 7 negara yang sebagian besar dikirim ke Amerika Serikat dan China. Untuk memenuhi permintaan pasar yang besar, Aruna telah bekerjasama dengan 40 ribu nelayan yang berasal dari 177 titik di seluruh Indonesia.

Melihat potensi bisnis yang begitu besar, Aruna juga sukses mendapatkan pendanaan seri A senilai Rp. 950 miliar. Bahkan di Januari lalu Aruna mengumumkan pendanaan seri A lanjutan senilai US$ 300 juta dari Vertex Ventures Asia Tenggara dan India.

Uang tersebut akan digunakan untuk memperluas bisnis Aruna dalam menyasar lebih banyak desa nelayan di Indonesia dan berinvestasi pada kegiatan perikanan berkelanjutan. **

Leave a reply