Jokowi Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Lido Dengan Potensi Investasi Rp 32 Triliun

0
67

BI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 31/3/2023.

KEK Lido memiliki luas 1.040 hektar ditetapkan melalui PP 69 Tahun 2021. Sesuai rencana investasi, dalam 20 tahun ke depan KEK Lido akan merealisasikan investasi sebesar Rp 32 triliun.

Adapun fasilitas yang akan dibangun meliputi theme park, movie land, water park, technopark, hingga kawasan untuk otomotif, serta pengembangan fasilitas lainnya. Dan diprediksikan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja.

Kawasan ini tergolong cukup dekat dengan Jakarta, jika ditempuh melalui Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) membutuhkan waktu 1 jam dan 50 menit.

Dalam peresmian yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi berharap masyarakat tidak lagi senang berlibur di luar negeri daripada di dalam negeri.

“Semuanya komplet. Jadi kita harapkan ke depan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan ke luar negeri daripada di negerinya sendiri,” kata Jokowi dalam peresmian KEK Lido.

Jokowi juga mengatakan, setidaknya ada 11 juta masyarakat Indonesia yang keluar liburan ke luar negeri. Sehingga jika kita bisa mengurangi angka tersebut maka devisa yang biasanya ke negara lain bisa hanya berputar di dalam negeri.

“Itu devisanya akan besar sekali yang tidak terbuang untuk masuk ke negara lain,” lanjutnya.

Dalam peresmian tersebut Jokowi juga menyoroti banyaknya infrastruktur yang telah dibangun saat ini sudah mulai dimanfaatkan sektor swasta untuk mendapatkan nilai keekonomian.**

Leave a reply