Pemkot Surabaya dengan APPBI Jatim Teken MoU Penggunaan Produk Dalam Negeri Hingga Pengentasan Kemiskinan

0
103

BI – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak pengelola pusat belanja di Kota Pahlawan untuk lebih mempromosikan produk dalam negeri, termasuk hasil dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tiga poin penting telah disepakati dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkot Surabaya dan 32 pengelola pusat belanja di Surabaya pada Senin, 10/4/2023.

Wali Kota Eri mengatakan bahwa tiga poin utama dalam kerja sama tersebut adalah mendorong pengelola pusat belanja untuk menggunakan produk dalam negeri, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, serta membantu mengentaskan kemiskinan. Lebih lanjut dalam MoU tersebut juga membahas terkait UMKM yang akan diprioritaskan untuk ditempatkan di mal, penggunaan produk dalam negeri, pembinaan UMKM agar bisa berkembang dan juga program orang tua asuh.

Wali Kota Eri menyampaikan bahwa para pelaku UMKM di Surabaya sudah siap bergabung di 32 pusat belanja yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur. Sebagai contoh, di Pasar Turi Baru, hampir 1.000 stan diberikan secara gratis selama satu tahun kepada UMKM Kota Surabaya.

Namun, Wali Kota Eri juga menyadari bahwa tidak semua UMKM bisa langsung masuk ke pusat belanja. Setiap UMKM harus melalui tahap kurasi terlebih dahulu sebelum bisa memasuki stan di pusat belanja. UMKM yang tidak lolos kurasi akan diberikan pelatihan sehingga bisa memenuhi standar dan bisa masuk ke pusat belanja yang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya.

Ketua APPBI Jatim, Sutandi Purnomosidi, mengatakan bahwa program kerja sama tersebut merupakan terobosan Pemkot Surabaya yang luar biasa dan sangat membantu UMKM. Ia juga menambahkan bahwa pada Hari Jadi ke-730 Kota Surabaya (HJKS), APPBI Jatim akan menggelar kegiatan akbar seperti Surabaya Shopping Festival dan Surabaya Marathon yang diharapkan dapat menarik peserta dari seluruh Indonesia dan internasional untuk mendukung pelaku usaha di mal Surabaya.

Kerja sama antara Pemkot Surabaya dan APPBI Jatim ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan pasar UMKM di Surabaya. Semoga kerja sama ini akan berjalan sukses dan membawa manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat.**

Leave a reply