POROS UMI Jatim: Terobosan Canggih Untuk Revolusi Logistik UMKM Jawa Timur

0
202

BI – Pejabat Analis Kebijakan Ahli Utama Pemprov Jatim telah mengusulkan pembuatan aplikasi POROS UMI Jatim untuk mempermudah pengiriman barang UMKM di Jawa Timur, baik dalam negeri maupun internasional.

Mereka telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) di kantor gubernur Jawa Timur, yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait seperti Kamadjaja Logistic, Bea Cukai, Kadin Jatim, dan OPD terkait.

Koordinator analis utama Pemprov Jatim, Indra Ranu, menjelaskan bahwa POROS UMI Jatim bertujuan untuk membantu UMKM mengelola proses logistik mereka dengan lebih efisien dan terjangkau. Jawa Timur memiliki potensi UMKM yang besar, baik dari segi jumlah maupun nilai ekonomis.

Pejabat Analis Utama Bidang Industri dan Perdagangan, Drajat Irawan, mengatakan bahwa POROS UMI Jatim terinspirasi oleh kasus gagal serah barang dalam Misi Dagang Jawa Timur yang disebabkan oleh biaya logistik yang tinggi.
Dengan adanya portal logistik yang mengintegrasikan seluruh proses pengiriman barang dalam satu platform online, diharapkan dapat mempercepat proses dan mengurangi biaya, sehingga harga pengiriman menjadi lebih rendah.

Drajat juga menyoroti pentingnya sektor agro di Jawa Timur, yang memiliki potensi besar dalam perdagangan. Hal ini tercermin dalam neraca dagang dalam negeri yang mencapai 323,47 triliun rupiah dan masih berpotensi meningkat.

Kepala FCFC Kamadjaja Logistic, Agus Santosa, menjelaskan bahwa platform POROS UMI Jatim akan memberikan kemudahan kepada UMKM dalam pengiriman dan pemenuhan persyaratan perdagangan dalam negeri maupun ekspor.

Persyaratan perdagangan, khususnya ekspor, terus berkembang dan berubah sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan pemerintah. Dengan platform ini, semua proses pengiriman barang, mulai dari persyaratan hingga sampai ke tangan konsumen, dapat diurus melalui satu platform yang terintegrasi.

Kamadjaja Logistic telah menerapkan pendekatan “one stop solution” dalam layanan pengiriman dan logistik mereka, mulai dari perizinan hingga pemantauan pengiriman. Mereka siap untuk berkolaborasi dengan Pemprov Jatim untuk membantu UMKM dalam proses pengiriman barang.

Platform POROS UMI Jatim akan dikembangkan sebagai portal tunggal untuk pengiriman domestik dan ekspor dengan harga jasa yang kompetitif, kemudahan dalam pemesanan dan pelacakan pengiriman, dukungan penuh dari spesialis logistik, persetujuan daring, serta antarmuka yang mudah digunakan.

Tujuan utamanya adalah memudahkan UMKM dalam proses pengiriman barang dengan satu platform yang terpadu, termasuk penyelesaian perizinan dan persyaratan.

Leave a reply