Pertama Kali, Indonesia Ekspor Makanan Siap Saji ke Arab Saudi

0
160

BI – Industri makanan siap saji di Indonesia telah mengambil langkah besar dalam musim haji 1444H/2023M.

Untuk pertama kalinya, PT Halalan Thayyiban Indonesia, Tbk (HATI), perusahaan yang menghasilkan makanan siap saji “MakanKu” yang tahan hingga satu tahun pada suhu ruangan tanpa bahan pengawet, telah mengekspor produk mereka ke Arab Saudi untuk dikonsumsi oleh jemaah haji Indonesia.

Proses pelepasan ekspor makanan siap saji “Meals Ready to Eat” ini diadakan secara simbolis dengan acara pengguntingan pita di Showroom MakanKu Jalan A. Yani No.224, Gumpang Lor, Pabelan, Kartasura, Solo pada Jumat, 14/4/2023.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Fadlul Imansyah, mengungkapkan bahwa musim haji bukan hanya tentang masalah ibadah ritual, tetapi juga memberikan potensi bisnis yang besar.

Ini merupakan kesempatan penting bagi para pelaku bisnis untuk menjalin kerjasama dengan penyelenggara ibadah haji di Arab Saudi seperti Muthowifs Pilgrims for Southeast Asian Countries Company (MPSEA).

Fadlul menambahkan bahwa prestasi ini merupakan hal yang sangat baik karena PT HATI berhasil mewujudkan keinginan jemaah haji Indonesia untuk menikmati rasa makanan asli sesuai selera makanan di kampung halaman mereka.

Sementara itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan dukungan Kementerian Agama terhadap kegiatan ekspor makanan siap saji ke Arab Saudi oleh PT Halalan Thayyiban Indonesia.

Menag juga menekankan pentingnya upaya PT Halalan Thayyiban Indonesia dalam mendorong produk makanan siap saji Indonesia masuk ke Arab Saudi untuk menciptakan ekosistem ekonomi perhajian yang melibatkan peternak, petani, UMKM dan masyarakat lainnya.

Dengan langkah ini, Indonesia membuka peluang baru untuk meningkatkan ekspor makanan siap saji dan mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Kita dapat berharap bahwa keberhasilan PT HATI dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lain untuk mengeksplorasi peluang serupa di masa depan.**

Leave a reply