Kemenlu Perkenalkan Potensi Jatim Ke 20 Calon Kepala Perwakilan Republik Indonesia

0
102

BI – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) beserta 20 Calon Kepala Perwakilan Republik Indonesia (RI) pada 23-24 Mei 2023 melakukan kunjungan ke Jawa Timur (Jatim) dalam rangka menjalankan program “Lintas Nusantara”.

Program “Lintas Nusantara” tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kemenlu kepada setiap Calon Kepala Perwakilan RI dengan tujuan untuk memfasilitasi penemuan pasar dan menarik investor asing ke dalam negeri ketika mereka resmi menjabat di negara-negara tempat mereka ditempatkan.

Para Calon Kepala Perwakilan RI tersebut terdiri dari 13 Calon Duta Besar (Dubes) dan tujuh Konsul Jenderal (Konjen) RI yang akan ditempatkan di berbagai penjuru dunia, seperti yang dijelaskan oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kemenlu, Muhsin Syihab.

Dalam agenda tersebut, Muhsin beserta 20 Calon Kepala Perwakilan RI melakukan kunjungan ke sentra-sentra industri strategis di wilayah Jatim, termasuk sentra industri strategis di Gresik pada Rabu, 24/5/2023.

Selain itu, Muhsin beserta rombongan juga mengunjungi Gedung Negara Grahadi Surabaya yang disambut oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada Selasa, 23/5/2023.

Pada kesempatan tersebut, Muhsin menyoroti potensi besar yang dimiliki Jatim berdasarkan jumlah penduduk dan komposisi demografinya. Ia juga menekankan kontribusi besar pekerja migran Indonesia asal Jatim terhadap devisa negara.

Gubernur Jatim dalam sambutannya, memberikan informasi kepada para Calon Kepala Perwakilan RI terkait potensi-potensi ekonomi di Jatim dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pariwisata.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Jatim turut mengundang para perwakilan pengusaha Jatim untuk menyampaikan potensi industri yang bisa ditawarkan kepada investor di luar negeri tempat 20 Calon Kepala Perwakilan RI ditugaskan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Mohammad Soleh sebagai perwakilan dari Forum Komunikasi Pengusaha (FORKAS). Mohammad Soleh yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Aplikator Indonesia sekaligus Ketua Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia Wilayah Jatim berpandangan bahwa kegiatan “Lintas Nusantara” bagi Calon Kepala Perwakilan RI di Jatim sangat bermanfaat bagi calon Dubes/Konjen maupun Pemprov Jatim.

Dubes/Konjen sebagai perwakilan pemerintah RI merupakan juru bicara yang salah satu tugasnya menyampaikan keunggulan-keunggulan Indonesia dalam berbagai bidang terutama ekonomi untuk menarik para investor oleh karena itu Dubes/Konjen sangat membutuhkan informasi potensi ekonomi, sosial dari seluruh daerah termasuk Jatim. Sementara itu, Pemprov Jatim sangat butuh bantuan para Dubes/Konjen untuk menyampaikan potensi atau keunggulan yang dimiliki oleh Jatim guna menarik investor semaksimal mungkin.**

Leave a reply