Bertemu Jokowi, IMF Puji Kondisi Ekonomi Indonesia Hingga Kesuksesan Gelar KTT ke-42 ASEAN

0
94

BI – Pertemuan dengan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva, diadakan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, pada Sabtu, 20/05/2023.

Bersama Presiden Jokowi, turut hadir dalam pertemuan tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa diperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,1 persen pada tahun 2023 dan 5 persen pada tahun 2024.

Kristalina menilai bahwa di tengah situasi ekonomi dunia yang diwarnai banyak ketidakpastian, ekonomi Indonesia cukup baik dan stabil dengan pertumbuhan ekonomi yang jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia.

Menurutnya, Indonesia diharapkan dapat memberikan bantuan kepada negara berkembang lain, terutama dalam pengentasan kemiskinan. Indonesia dinilai mampu menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan semua pihak.

Kristalina menegaskan bahwa di tengah dunia yang menghadapi banyak tantangan seperti saat ini, peran seperti yang dimainkan oleh Indonesia sangatlah dibutuhkan.

Dalam pertemuan tersebut, Kristalina juga memberikan apresiasi atas keberhasilan Indonesia dalam menjalankan presidensi G20 pada tahun 2022 dan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN tahun ini.**

Leave a reply