LNSW Luncurkan “SINSW Generasi 2” untuk Transformasi Layanan Bisnis di Indonesia

0
87

BI – Dalam upaya mengembangkan layanan ekspor, impor, dan logistik nasional serta digitalisasi pemerintahan, Lembaga National Single Window (LNSW) pada Jumat, 09/06/2023 resmi meluncurkan “The New Sistem Indonesia National Single Window (SINSW)” atau yang dikenal sebagai SINSW generasi 2.

Acara peluncuran ini juga menjadi panggung bagi kolaborasi dan koordinasi antara LNSW, Kementerian dan Lembaga, serta para pelaku usaha dengan mengangkat tema “Sinergi Dalam Rangka Transformasi Layanan Publik Untuk Indonesia Maju”.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, terungkap bahwa peluncuran SINSW generasi 2 ini menjadi bagian dari reformasi pelayanan publik terkait logistik dan efisiensi dunia usaha, khususnya dalam proses ekspor dan impor.

Menkeu Sri Mulyani juga menegaskan pentingnya kesetaraan akses logistik di seluruh wilayah Indonesia sebagai faktor peningkatan daya saing. Presiden Jokowi telah melakukan upaya berkelanjutan dalam membangun infrastruktur di berbagai kawasan Indonesia untuk mendukung hal tersebut.

Menteri Keuangan juga menyatakan komitmennya dalam memperbaiki sinergi antar kementerian dan lembaga serta mengintegrasikan sistem-sistem yang berbeda, dengan tujuan memberikan efisiensi dan kemudahan nyata bagi dunia usaha, serta mengadopsi sistem “single window” secara menyeluruh.

Upaya tersebut melibatkan pembahasan bersama antara kementerian dan lembaga untuk menyelaraskan visi, memperbaiki regulasi agar lebih sederhana, dan menciptakan sistem yang kompatibel.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kementerian dan Lembaga yang hadir, termasuk Menteri Perekonomian, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, serta para narasumber dan pelaku usaha lainnya. Mereka semua telah bekerja sama dalam membangun sistem logistik yang kompetitif, maju, efisien, dan reliabel di Indonesia.

Dengan semangat penyederhanaan, percepatan, dan peningkatan kompetisi dalam perizinan dan proses logistik, diharapkan upaya bersama ini akan terus mendapatkan kemudahan dan memberikan pelayanan terbaik bagi dunia usaha di Indonesia.**

Leave a reply