REI Gandeng PUPR dan BP TAPERA Gelar Diklat Online Tiga Aplikasi Industri Properti

0
225

BI – Pada tanggal 12-14 Juni 2023, Real Estate Indonesia (REI) menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Badan Penyelenggara Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) online yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan aplikasi terbaru dalam industri properti.

Bimtek ini, setiap harinya dihadiri oleh lebih dari 700 peserta, yang terdiri dari para pengembang properti, praktisi perumahan, dan pihak terkait lainnya. Dalam diklat ini, peserta diperkenalkan dengan tiga aplikasi inovatif, yaitu Sireng 2.0, Sikumbang, dan Sikasep.

Aplikasi Sireng 2.0 merupakan Sistem Informasi Registrasi Pengembang yang memfasilitasi proses registrasi dan pengawasan terhadap pengembang properti. Sikumbang merupakan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang yang memuat data lengkap mengenai pengembang properti di Indonesia. Sementara itu, Sikasep adalah Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan yang memberikan informasi terkait program KPR bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, M. Turino Junaedy selaku Wakil Ketua DPP REI Bidang Investasi, Regulasi & Perizinan menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya bimtek Sireng 2.0, Sikumbang, dan Sikasep diharapkan bisa membantu anggota REI dari seluruh Indonesia yang saat ini masih mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut.

Selama pelaksanaan bimtek, peserta mendapatkan pelatihan intensif tentang cara menggunakan aplikasi tersebut. Mereka diajarkan bagaimana mendaftar, mengisi data, dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Bimtek ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman dan masukan terkait penggunaan Sireng 2.0, Sikumbang, dan Sikasep. Diskusi dan sesi tanya jawab aktif dilakukan untuk memastikan pemahaman yang mendalam tentang aplikasi ini.

Kolaborasi antara REI dengan PUPR dan BP TAPERA dalam penggunaan aplikasi Sireng 2.0, Sikumbang, dan Sikasep merupakan langkah maju dalam meningkatkan transparansi, efisiensi, dan keberlanjutan di sektor properti. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu mengoptimalkan pengembangan properti yang terencana, memperkuat sinergi antara pengembang, dan memastikan akses perumahan yang lebih baik bagi masyarakat.

Pelaksanaan bimtek online ini menunjukkan komitmen para pihak terkait dalam menghadapi tantangan era digital. Dengan menguasai penggunaan aplikasi Sireng 2.0, Sikumbang, dan Sikasep, diharapkan peserta dapat berperan aktif dalam mengembangkan industri properti yang berkelanjutan, inovatif, dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Bimtek ini merupakan langkah awal yang diharapkan dapat diikuti dengan penerapan aplikasi-aplikasi tersebut dalam kegiatan sehari-hari para pengembang properti di seluruh Indonesia. Dengan demikian, sektor properti diharapkan semakin maju, efisien, dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pertumbuhan ekonomi negara.**

Leave a reply