Papmiso Terima Sertifikat Halal Gratis dari BPJPH

0
121

BI – Sejumlah besar pedagang mie ayam dan bakso di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat baru-baru ini menerima sertifikat halal secara gratis dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Melalui program layanan fasilitasi sertifikasi halal gratis (SEHATI) dengan kategori pernyataan pelaku usaha (Self Declare), para anggota Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) Indonesia mendapatkan pengakuan atas status halal produk mereka.

Menurut Ketua Umum Papmiso Indonesia, Bambang Hariyanto, sertifikasi halal sangat penting bagi pedagang mie ayam dan bakso. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk mie ayam dan bakso, tidak hanya di Kabupaten Bekasi, tetapi juga di seluruh Indonesia.

Bambang menjelaskan bahwa program pemberian sertifikat halal kepada anggota Papmiso Indonesia adalah inisiatif yang diambil untuk mendorong gerakan sertifikasi halal secara gratis bagi para anggotanya. Di Kabupaten Bekasi saja, sudah ada 2.500 pedagang mie ayam dan bakso yang menjadi anggota Papmiso Indonesia.

Hingga saat ini, telah diterbitkan 41 sertifikat halal secara gratis bagi anggota Papmiso. Pemberian sertifikat ini bukan hanya terbatas pada Kabupaten Bekasi, tetapi juga berlaku di seluruh Indonesia. Bambang menyampaikan hal ini dalam konferensi pers yang diadakan pada hari Selasa, tanggal 20 Juni 2023.

Namun, Bambang juga menyadari bahwa para pedagang saat ini menghadapi kendala dalam melakukan pendaftaran secara online. Untuk mengatasi masalah ini, Bambang telah membentuk tim yang bertugas mendukung proses pendaftaran sertifikasi halal bagi para pedagang, terutama mereka yang merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bambang menjelaskan bahwa kendala ini muncul karena kurangnya pengetahuan para pedagang tentang pendaftaran online dan penginputan data. Oleh karena itu, tim garda bakso nusantara yang terdiri dari anak-anak muda yang ahli di bidang teknologi informasi (IT) telah dibentuk untuk memberikan bantuan kepada para pedagang.

Papmiso Indonesia merasa beruntung mendapatkan dukungan dan fasilitasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, anggota DPR RI Obon Tabroni, serta BPJPH Kementerian Agama dalam merealisasikan program ini.

Hingga saat ini, dari 80 anggota Papmiso Indonesia yang telah mengikuti workshop dan pendaftaran sertifikasi halal, sebanyak 41 di antaranya telah memperoleh sertifikat halal, sedangkan 12 lainnya masih menunggu verifikasi, dan sisanya masih dalam proses verifikasi.**

Leave a reply