BI Gelar Java Coffee Culture, Targetkan Transaksi Rp18 Miliar

0
97

BI-Java Coffee Culture (JCC) 2023, acara yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kantor Wilayah Jawa Timur bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya, akan dimulai pada hari Jumat, 7/7/2023, dan berlangsung hingga Minggu, 9/7/2023.

Menurut Doddy Zulverdi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, kopi memiliki potensi penjualan yang baik. Bahkan saat masa pandemi, minat masyarakat terhadap kopi tetap tinggi.

Dalam sebuah diskusi media di kantor Bank Indonesia Jawa Timur, Doddy menjelaskan bahwa kopi tidak mengenal batasan usia. Minuman ini diminati oleh semua kalangan, baik anak muda maupun orang dewasa, dan tidak tergantung pada suasana hati. Kopi seringkali dikonsumsi baik saat senang maupun sedih, bahkan saat seseorang merasa stres.

Selain itu, optimisme meningkat setelah status pandemi berubah menjadi endemi. Hal ini juga berdampak pada peningkatan transaksi JCC dibandingkan tahun sebelumnya.

Muslimin Anwar, Deputi Kepala Bank Indonesia Jawa Timur, mengungkapkan bahwa target transaksi JCC tahun ini adalah sebesar Rp 18 miliar selama tiga hari penyelenggaraan. Pada tahun sebelumnya, JCC berhasil mencapai transaksi sebesar Rp 15 miliar, dengan Rp 10 miliar berasal dari kegiatan business matching dan Rp 7,2 miliar dari ekspor kopi.

Untuk mencapai target tersebut, BI pun mengundang berbagai asosiasi pengusaha terkait, termasuk di dalamnya Forum Komunikasi Pengusaha (FORKAS) yang turut mengirimkan perwakilannya dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, jumlah peserta JCC juga meningkat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dengan total 75 peserta. Bank Indonesia Jawa Timur tidak hanya fokus pada pencapaian transaksi, tetapi juga berupaya menciptakan 100 eksportir baru secara bertahap.

Bank Indonesia Jawa Timur akan memberikan pembinaan dan menjalin kerja sama dengan mitra strategis, termasuk menyelenggarakan workshop dan sertifikasi bagi pelaku usaha kopi agar mereka siap untuk ekspor.

JCC 2023 mengusung tema ‘Diplomasi Lintas Generasi’ dan menjadi acara strategis tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai, sejarah, dan filosofi kopi Jawa yang berkontribusi besar terhadap pengembangan komoditas kopi nasional.

Selain itu, JCC juga akan berkolaborasi dengan Festival Peneleh sebagai ajang promosi Kampung Wisata Sejarah di Kawasan Peneleh yang sedang dikembangkan oleh Bank Indonesia Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya.

Melalui kolaborasi ini, Bank Indonesia Jawa Timur berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang mendukung program Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI).

Rangkaian acara JCC dan Festival Peneleh mencakup berbagai kegiatan seperti EduCoffee, Business Matching, Showcasing, JCC Competition, Peneleh Heritage Track, Parade Mural, Soerabaja Tempoe Dulu, Lajar Tantjap Peneleh, Pasar Rakjat Peneleh, Lomba Foto, dan akan ditutup dengan Semarak JCC & Festival Peneleh.**

Leave a reply