Launching Investment Center, REI Berikan Layanan Kemudahan Investasi Sektor Properti

0
97

BI – Pada Kamis, 27/07/2023, Sheraton Grand Jakarta menjadi saksi Launching REI Investment Center oleh Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (DPP REI). Acara ini diadakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menggerakan perekonomian di Indonesia.

Sekaligus sebagai tindaklanjut atas program Undang-Undang Cipta Kerja serta Layanan Helpdesk Perijinan DPP REI yang didukung oleh 20 Kementerian dan Lembaga yang sudah diresmikan sebelumnya.

Hal ini menjadi langkah strategis dalam mendukung industri properti sebagai garda terdepan pengembangan investasi di sektor properti. Kali ini DPP REI meluncurkan serangkaian program ambisius, antara lain:

  1. Proses Persetujuan Lingkungan UKL-UPL 2 Jam (khusus sektor Perumahan) oleh Kepala Badan Standarisasi Instrumen Lingkungan Hidup. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat proses perijinan di sektor perumahan dan mendorong pertumbuhan properti yang lebih efisien.
  2. REI Investment Center bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Perekonomian. Kolaborasi ini bertujuan untuk menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif di Indonesia dan menarik minat investor dalam industri properti.
  3. Fasilitas pembiayaan digital industri properti bersama perbankan. REI berkomitmen untuk terus mempermudah akses pembiayaan bagi pelaku industri properti dengan dukungan teknologi digital.

Dalam acara tersebut, Dhony Rahajoe, Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, memberikan informasi terkait regulasi pertanahan dan kewenangan Otorita IKN dalam pemberian izin serta kemudahan berusaha di IKN. Beliau juga mengapresiasi peluncuran investment center sebagai langkah maju dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tidak hanya itu, Yuliot Tanjung, Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal dari Kementerian Investasi/BKPM, juga turut memberikan apresiasi atas kolaborasi yang terjalin antara BKPM dengan REI. Langkah ini dianggap dapat mempermudah dan mempercepat proses investasi di Indonesia.

Acara berakhir dengan penganugerahan penghargaan REI Wira Bhakti Praja Utama kepada 25 mitra strategis REI dari Kementerian, Lembaga, dan Perbankan. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas dedikasi dan dukungan yang telah diberikan selama kepengurusan REI yang dipimpin oleh Bapak Paulus Totok Lusida sebagai Ketua Umum REI periode 2019-2023.

Semoga dengan langkah-langkah dan dukungan dari berbagai pihak, industri properti di Indonesia semakin berkembang pesat, menjadi tulang punggung perekonomian, dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Leave a reply