APTRINDO Dorong Modernisasi dan Kesejahteraan Bagi Pengusaha Truk

0
96

BI – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) yang berperan sebagai asosiasi di sektor angkutan barang, memiliki peran penting dalam pendistribusian logistik dan konsumsi, serta merupakan salah satu pilar utama dalam mendukung sistem logistik Nasional.

Dalam upaya mewujudkan transformasi menjadi sebuah asosiasi yang profesional dan modern, APTRINDO berusaha menciptakan masyarakat pengusaha truck yang lebih maju dan sejahtera.

Pada hari Selasa, 1/8/2023, APTRINDO menggelar Gala Dinner di Hotel Holiday Inn Express Surabaya Centerpoint, Jl. Kedung Doro No.58. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai ketertiban lalu lintas di jalan raya, terutama dalam hal mengatasi kecelakaan.

Untuk mencapai tujuan ini, APTRINDO bekerja sama dengan vendor Trans Traker, yang memberikan solusi digitalisasi untuk memantau kondisi truk yang dikemudikan oleh sopir di jalan. Solusi ini mencakup Fleet Operation Optimizer dan Logistik Service Integrator.

Selain fokus pada edukasi tentang keamanan lalu lintas dan pemahaman mengenai dimensi overloading, APTRINDO juga menerima sejumlah keluhan dari anggota yang tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Keluhan tersebut terkait dengan mahalnya tarif di pelabuhan.

Menanggapi permasalahan ini, Ketua Umum APTRINDO, Drs. Gemilang Tarigan, MBA, memberikan pernyataan. Ia telah memberikan respons bersama dengan ketua DPD dan DPC APTRINDO, serta menolak kenaikan tarif administrasi di pelabuhan sebesar hampir 5%.
Drs. Gemilang Tarigan menyatakan bahwa kenaikan tarif tersebut akan memberikan beban besar bagi para pengusaha angkutan dalam mengirim logistik. Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah konferensi pers yang dihadiri oleh Ketua DPC Surabaya, I Wayan Sumadita.

Lebih lanjut, Ketua Umum APTRINDO mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, terutama Direktorat Jenderal Perhubungan, dan organisasi asosiasi dalam mengambil keputusan terkait regulasi.

Ia berpendapat bahwa upaya seperti ini akan berdampak pada stabilitas harga pasokan bahan pokok, yang pada gilirannya akan mendorong pemerataan harga bagi masyarakat. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum APTRINDO dalam wawancara dengan media, saat ia hadir di Hotel Holiday Surabaya.**

Leave a reply