Jawa Timur Ambil Alih Pekan Raya Terbesar di Asia Tenggara

0
148

BI – Pameran terbesar se-Asia Tenggara, Pekan Raya Jakarta (PRJ), yang digelar tahunan, akan diangkut ke Jawa Timur dengan nama serupa, Pekan Raya Jatim (PRJ) Surabaya, bertepatan dengan momen hari jadi Provinsi Jawa Timur tahun ini. Pertama kalinya digelar di Surabaya, event itu akan berlangsung selama lebih dari sepekan mulai 14 hingga 20 Oktober 2023 mendatang.

Iwan Wijaya, Manajer Marketing Komunikasi Grand City Surabaya, mengatakan bahwa konsep Pekan Raya Jatim mengadopsi Pekan Raya Jakarta karena konseptornya sama, berasal dari Jakarta Internasional Expo (JIExpo). Total ada 170 stan pameran terdiri dari fashion, gadget, kosmetik, makanan, dan minuman yang akan disediakan, dengan 30 di antaranya merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur.

Menurut Iwan, “Pekan Raya Jatim” akan dilaksanakan pada tanggal 14-22 Oktober 2023 dengan dua area Exhibition, yaitu indoor dan open space outdoor, dan konsep yang sama seperti di Jakarta. Kebetulan, konsep dan penataan diadopsi dari Pekan Raya Jakarta. Ujaran ini disampaikan oleh Iwan setelah konferensi pers hari itu, pada Selasa, 19/9/2023.

Pekan Raya Jawa Timur, lanjutnya, merupakan event pertama yang menggantikan Jawa Timur Fair yang rutin digelar untuk memperingati hari jadi Jawa Timur. Sementara itu, konser musik akan diisi oleh belasan musisi nasional, termasuk Last Child, Coconut Treez, Klantink, dan lainnya.

Sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi pascapandemi, Iwan menargetkan delapan sampai 10 ribu pengunjung di hari biasa, sementara pada akhir pekan atau weekend, ditargetkan tembus 12 sampai 15 ribu pengunjung. Dia berharap, dengan adanya pameran Pekan Raya Jatim ini, penjualan di tenant dan hiburan konser cukup membantu perputaran ekonomi di Surabaya.

Leave a reply