Pegadaian dan IPI Menyulut Harapan Baru bagi Pemulung Indonesia

0
102

BI-Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para pemulung di Indonesia, PT Pegadaian, melalui Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1, telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Penandatanganan MoU ini berlangsung di The Gede Coffe and Gold Bekasi pada Rabu, 13 September 2023, dan dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil VIII Pegadaian Jakarta, Alim Sutiono, serta Ketua Umum IPI, Pris Polly Lengkong, beserta anggota IPI di area Kota Bekasi.

Dalam MoU tersebut, Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 memberikan secara simbolis bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah Pegadaian kepada anggota IPI di wilayah Bekasi.

Alim Sutiono, dalam sambutannya, menyatakan bahwa Pegadaian, dengan usianya yang telah mencapai 122 tahun, bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Dia mengungkapkan harapannya bahwa kerjasama ini akan meningkatkan kesejahteraan dari segi Pegadaian dan anggota IPI serta secara umum dapat memperbaiki perekonomian masyarakat Indonesia.

Alim Sutiono juga berharap agar kerjasama ini berlanjut dalam jangka panjang dan IPI, yang telah berusia 23 tahun dengan lebih dari 4 juta anggota tercatat, dapat menjadi agen Pegadaian.

Sebanyak 100 anggota IPI direncanakan akan dibina menjadi agen Pegadaian, dengan wilayah awal di Jatiwaringin, Bekasi, Bogor, dan Kramatjati.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kelas anggota IPI dan memperluas kerjasama dengan Pegadaian.

Ketua Umum IPI, Pris Polly Lengkong, dalam sambutannya, menyatakan bahwa organisasi IPI selalu berkomitmen untuk meningkatkan martabat pemulung dan memperbaiki taraf hidup mereka.

MoU dengan Pegadaian merupakan langkah positif dalam mendukung pemulung untuk naik kelas ekonomi mereka. Polly juga menekankan pentingnya komunitas IPI dan Pegadaian untuk bekerja sama demi meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Ketua Dewan Pembina IPI, Ketut Suhardiono, menambahkan bahwa komitmen untuk membantu masyarakat yang memerlukan bantuan adalah prioritas.

Dia mendorong seluruh anggota IPI untuk berharap agar pemulung dapat meningkatkan taraf hidup mereka, dan dia berharap pemerintah dapat memberikan kebijakan yang mendukung perkembangan IPI.

Kerjasama antara Pegadaian dan IPI ini diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi para pemulung di Indonesia, membantu mereka untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.**

Leave a reply