BI Jatim Guncang Dunia Ekonomi Syariah Jatim Melalui Fesyar Jawa 2023

0
67

BI – Dengan kesuksesan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2023 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur, telah mencatat pencapaian luar biasa.

Transaksi selama acara tersebut mencapai angka fantastis, yakni Rp3,03 Miliar, menurut laporan yang diterima pada Selasa, 3/10/2023, dari Rizki Ernadi Wimanda, Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim.

Fesyar Jawa, yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 29 September hingga 1 Oktober, melibatkan 200 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara online dan 150 UMKM secara offline.
Transaksi penjualan produk UMKM di Fesyar Jawa tahun ini mencapai angka yang mengesankan, yakni Rp944,66 juta.
Selama festival berlangsung, 51 sesi Bussiness Matching juga telah dilakukan, baik secara offline maupun online, melibatkan berbagai lembaga pembiayaan seperti delapan perbankan syariah, lima belas lembaga Zakat Infaq dan Wakaf (Ziswaf), satu fintech syariah, e-commerce, dan potential buyer baik di dalam maupun di luar negeri.
Pengunjung yang hadir dalam festival ini sangat mengesankan, mencapai total 163.940 orang, mulai dari yang hadir secara langsung, termasuk jemaah tabligh akbar, hingga yang ikut secara online melalui media sosial dan website.
Festival ini merupakan bagian dari upaya BI Jatim untuk memperkuat sinergi ekonomi dan keuangan syariah, yang mencakup industri halal hingga halal lifestyle.
Diharapkan, pelaksanaan Fesyar Jawa akan terus mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat regional sehingga dapat menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional.**

Leave a reply