Akibat Super El Nino Pemerintah akan Salurkan BLT

0
73

BI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat di Tanah Air yang terdampak El Nino senilai Rp400 ribu.

“Karena ada super El Nino, dan jangan sampai hal itu mengurangi daya beli masyarakat maka pemerintah juga akan mengeluarkan BLT El Nino,” kata Presiden Joko Widodo di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Presiden di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat menyerahkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Padang.

Eks Wali Kota Solo tersebut mengatakan BLT El Nino tersebut akan diserahkan langsung kepada masyarakat pada November dan Desember 2023 senilai Rp400 ribu. Bantuan itu akan dicairkan pemerintah melalui dua tahapan yakni Rp200 ribu pada November, dan Rp200 ribu pada periode Desember.

Dalam kunjungan kerja ke Sumatera Barat, Jokowi juga mengecek langsung pasokan beras di gudang Bulog Kota Padang. Presiden memastikan ketersediaan beras di gudang Bulog tersebut mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Ranah Minang. Bahkan, di tengah ancaman musim kemarau Sumatera Barat surplus beras.

“Di Sumatera Barat surplus beras,” kata dia.

Kendati surplus beras, kepala negara menegaskan cadangan beras di setiap gudang Bulog harus tetap disiapkan guna mengantisipasi dampak terburuk dari musim kemarau panjang.

“Yang namanya cadangan itu harus ada. Oleh sebab itu, kalau kita lihat tadi di gudang Bulog cadangannya banyak,” ujarnya. Selesai acara tersebut, Presiden Jokowi akan lepas landas menuju Sumatera Selatan dan bermalam di sana.

Dalam kunjungan kerja tersebut Presiden didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, serta Plh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.**

Leave a reply