Wabup Sidoarjo Apresiasi Silaturahmi Peternak Kambing Domba

0
29

BI – Sebagai wujud dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menggelar silaturahmi peternak kambing domba, Rabu (1/11) di Lapangan Area Tambak, Desa Damarsi, Buduran.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, S.H. memberikan apresiasi positif kegiatan silaturahmi peternak kambing domba. Kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Sidoarjo untuk mendorong ketahanan pangan, dimana pembangunan peternakan menjadi bagian integral pembangunan nasional.

“Marilah kita terus melanjutkan pembangunan peternakan ini melalui acara silaturahmi peternakan kambing domba di wilayah Sidoarjo. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi peternak kambing domba local yang mandiri dan maju,” ajaknya.

Menurut Subandi, agar UMKM peternakan mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional, Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pangan dan Pertanian telah melakukan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) dan membantu sertifikasi halal bagi pelaku UMKM secara gratis.

“Saat ini di Sidoarjo berkembang usaha agribisnis peternakan dari hulu sampai hilir. Dimana sasaran utama komoditas peternakan Sidoarjo adalah peningkatan nilai tambah produksi ternak untuk mencapai swasembada daging secara nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menegaskan peternak harus terus meningkatkan kualitas dan peningkatan produksi ternak baik kambing, domba atau sapi. Dengan demikian kebutuhan konsumen dapat terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga telah mengucurkan dana pembangunan infrastruktur untuk sentra – sentra ternak, tujuannya untuk implementasi kebijakan penguatan ketahanan pangan nasional.**

Leave a reply