Pertama Kali, Pemprov Jatim Gelar Digital Leadership Academy 2023

0
31

BI – Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2023 telah dihelat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pertama kalinya. Inisiatif ini diambil dalam rangka meningkatkan kemampuan kepemimpinan di era digital.

Program tersebut dirancang dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan terkini kepada para pemimpin untuk memanfaatkan teknologi guna memajukan pelayanan publik dan pembangunan daerah. DLA diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemimpin untuk berbagi pengalaman dan ide inovatif demi menciptakan pemerintahan yang efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Sambutan pembukaan Pelatihan Digital Leadership Academy “East Java Smart Digital Leaders” di Grand Mercure Malang Mirama, Kota Malang, pada Rabu, 22 November 2023, disampaikan oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak. Dalam sambutannya, diungkapkan bahwa Provinsi Jawa Timur harus dikelola secara profesional dan untuk mencapai hal tersebut, digitalisasi dianggap sebagai solusi utama.

Emil Elestianto Dardak menyatakan bahwa digitalisasi bukan hanya sekadar masalah budaya dan kemauan, melainkan suatu kebutuhan. Provinsi Jawa Timur diharapkan menjadi lokomotif transformasi digital untuk melayani lebih dari 40 juta penduduknya.

Dalam penjelasannya, Wakil Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya Pelatihan Digital Leadership Academy di Jawa Timur, yang diharapkan dapat menjadikan smart leadership. Emil Elestianto Dardak juga menambahkan bahwa Indeks Masyarakat Digital dan Indeks Literasi Digital Jawa Timur pada tahun 2022 selalu berada di atas rata-rata nasional.

Menurut Kepala BPSDM Jatim, Ramliyanto, kegiatan Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2023 ini merupakan respon konkrit Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap peta jalan reformasi birokrasi di Indonesia. Pemerintah fokus pada terwujudnya birokrasi yang berdampak, efektif, efisien, lincah, dan adaptif.

Ramliyanto menegaskan bahwa penerapan digitalisasi administrasi pemerintahan diharapkan dapat melahirkan birokrasi yang lincah dan adaptif. Akselerasi digitalisasi pemerintahan juga dianggap mampu membawa transformasi reformasi birokrasi di tahun 2025 menuju dynamic governance, sejalan dengan birokrasi di negara-negara maju di dunia.

Digital Leadership Academy juga dianggap sebagai langkah “Gerak Cepat” tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kesepakatan tersebut telah ditandatangani pada tanggal 1 Oktober 2023 oleh Gubernur Jawa Timur dan Kepala BPSDM Kementerian Kominfo.

Sebagai bagian dari agenda program prioritas nasional dalam pengembangan sumber daya manusia bidang digital yang komprehensif dan berkelanjutan di level kepemimpinan era digital, DLA Jawa Timur 2023 dilaksanakan mulai tanggal 22 November 2023 sampai dengan tanggal 13 Desember 2023 dengan metode Blended Learning.

Rinciannya melibatkan sesi pembelajaran tatap muka pada tanggal 22-23 November 2023, sesi pembelajaran dalam jaringan dari 24 November hingga 8 Desember 2023, dan sesi pembelajaran tatap muka lanjutan berupa Seminar Rencana Tindak Lanjut dan Evaluasi pada tanggal 12-13 Desember 2023.

Leave a reply