Diskop UKM Jatim Bahas Pengembangan Jaringan Pemasaran Produk bagi UMKM

0
66

BI-Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menggelar focus group discussion (FGD) “Pengembangan Jaringan Pemasaran Produk Bagi UMKM”, di kantor Diskop UKM Jatim.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim, Selasa (28/11/2023), FGD tersebut merupakan evaluasi dari tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Diskop UKM Jatim dengan berbagai pemangku kepentingan terkait yang telah tergabung dalam kegiatan tersebut seperti perguruan tinggi, sektor bisnis (market place), dan komunitas dari wilayah Jawa Timur.

Kepala Diskop UKM Jatim, Andromeda Qomariah menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi. Ia menuturkan, kolaborasi merupakan sebuah bentuk kerja sama untuk melakukan aktivitas tertentu yang telah disepakati dan akan memberikan manfaat serta kepercayaan dari masing-masing.

“Dengan adanya kolaborasi kita dapat memperoleh manfaat antara lain untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan, untuk melakukan kegiatan bersama seperti kegiatan pelatihan dan workshop, untuk membangun networking, serta untuk memudahkan mencari jalan keluar atau solusi,” terang Andromeda.

Narasumber FGD ini datang dari PT Kreasi Prospera Indonesia, yaitu Dian Mukti Wicaksono. Ia menuturkan, untuk menciptakan UKM yang sukses dan mandiri, membangun sinergi yang kuat adalah hal yang penting.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menyamakan visi, misi, dan tujuan bersama, memahami setiap pihak memiliki kepentingan, merencanakan dan mengelola kerja sama dengan matang, serta membangun komitmen kerja sama dengan kuat.

“Upaya tersebut perlu untuk disempurnakan dengan baik agar dapat menjadikan UMKM khususnya di Jawa Timur menjadi sukses, mandiri, dan berdaya saing,” jelasnya.**

Leave a reply