Peningkatan Kapasitas Pelaku Koperasi dan UKM Jatim Melalui Pelatihan Produk Ecoprint

0
27

BI – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) saat ini tengah berupaya meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para pelaku koperasi dan UKM di Jawa Timur mengenai pengolahan produk ecoprint yang dianggap sebagai komoditas ramah lingkungan dengan nilai jual tinggi.

Berdasarkan informasi dari laman Diskop UKM Jatim pada tanggal 29 November 2023, diketahui bahwa pelatihan ecoprint dianggap sebagai langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan, keahlian, serta pengetahuan dalam mengembangkan dunia wirausaha. Hal ini disampaikan oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Diskop UKM Jatim, Dwi Setyawati.

Dwi Setyawati menjelaskan bahwa peserta pelatihan, yang berjumlah 60 orang, diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan bahan baku alam atau dedaunan untuk mengembangkan kreativitas pembuatan berbagai motif produk ecoprint.

Selanjutnya, kegiatan ini diarahkan untuk memotivasi peserta agar terus belajar meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam menghadapi perubahan serta melakukan diversifikasi terhadap usaha maupun produk yang telah diciptakan.

Menurut Dwi, produk ecoprint banyak diminati oleh masyarakat belakangan ini, karena memiliki daya tarik estetik dan elegan. Ia juga menegaskan bahwa motif ecoprint tidak kalah indahnya dengan produk batik, karena memiliki keunikan motif.

Pembuatan ecoprint sendiri menggunakan metode pewarna dari tanin atau zat hijau daun, akar, dan batang yang diletakkan pada selembar kain yang sudah diproses melalui perebusan. Dalam dunia fashion, produk ecoprint tentunya sangat akrab ditemui. Oleh karena itu, ecoprint mempunyai keunggulan dalam dunia bisnis.

Pelatihan ecoprint ini turut melibatkan narasumber dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prestasi Bojonegoro, yaitu Siti Nur Hidayah. Selain itu, pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Kerja Diskop UKM Jatim yang bersinergi dengan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur.

Leave a reply